blank
Tim pengawas dan evaluasi (Wasev) dari  Inspektorat Pusat Teritorial Angkatan Darat ( Pusterad) TNI AD  yang dipimpin  Brigadir Jenderal TNI Joko Warsito  saat meninjau pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) reguler 104 di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. . Foto: Suara baru/yon

TEMANGGUNG–  Tim pengawas dan evaluasi (Wasev) dari  Inspektorat Pusat Teritorial Angkatan Darat ( Pusterad) TNI AD  yang dipimpin  Brigadir Jenderal TNI Joko Warsito meninjau pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler 104 di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

”Kunjungan tim  Wasev Pusterad TNI AD  ke lokasi TMMD reguler  104  di Desa Tlahab ini,  untuk melihat secara nyata pelaksanaan TMMD ini sesuai dengan rencana dan diharapkan selesai tanpa menyisakan pekerjaan,” kata  Ketua tim Wasev Pusterad TNI AD, Brigjend TNI Joko Warsito.

Joko Warsito mengatakan, program TMMD harus berjalan sesuai  rencana dengan tujuan akhir untuk meningkatkan kesejahteran rakyat. Selain itu, juga  untuk  memantapkan  kemanunggalan TNI dengan rakyat guna menunjang stabilitas nasional.

Menurutnya, program TMMD  tersebut harus  diarahkan untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatnya kesehatan lingkungan.  Juga untuk memantapkan kerukunan antarumat beragama dalam rangka  mencegah terjadinya konflik yang berbau sara,  radikalisme, terorisme dan intoleransi.

“Kegiatan ini  juga untuk mendorong  masyarakat desa  untuk  berkreasi dan berinovasi dalam berbagai usaha sesuai potensi desa  agar hidupnya  makin sejahtera,” katanya.

Ia menambahkan, TMMD merupakan salah satu wujud operasi bakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan departemen, lembaga pemerintah nondepartemen dan pemerintah daerah.

Joko mengatakan,  program TMMD  harus berjalan sesuai perencanaan, persiapan hingga pelaksanaan sehingga hasilnya berkualitas  baik sasaran fisik maupun nonfisik. Sehingga, berbagai  sasaran proyek yang dikerjakan berdampak positif untuk meningkatkan  taraf perekonomian  masyarakat  dan hidupnya semakin sejahtera

Ia menilai, pelaksanaan TMMD regule 104 di Desa Tlahab yang dilaksanakan sejak 26 Februari kemarin sudah  berjalan cukup baik  dan  sesuai  rencana, baik fisik maupun non fisik.

“Diharapkan, seluruh  sasaran yang dikerjakan  bisa diselesaikan secara tuntas tepat waktu dan tepat mutu  guna meningkatkan kesejahteraan  masyarakat, “ harapnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0706/ Temanggung, Letkol (Inf) AY David Alam selaku Komandan Satgas TMMD ke-104 dalam paparannya menjelaskan, program TMMD di Desa Tlahap menggarap pekerjaan  membuat jalan lingkar menuju objek wisata Posong. Penggarapan menggunakan blok trasah jalan  sepanjang 1.431 meter, kemudian pembuatan talud  di enam  titik,  tujuh unit gorong-gorong, satu titik drainase  air  dan rehab empat buah  rumah  tidak layak huni.

“Selain kegiatan fisik, kami juga melaksanakan sasaran non fisik  berupa penyuluhan tentang kenakalan remaja, bela negara,  pencegahan pernikahan dini, pengelolaan sampah, kesehatan masyarakat, pertanian dan perkebunan, penyuluhan tentang HIV/AIDS, narkoba dan pemutaran film layar tancap,” imbuhnya.

Suarabaru.id/yon