blank
Presiden Joko Widodo menyerahkan penghargaan diterima Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, (Suarabaru.id/dok)

MAGELANG- Pasar Rejowinangun Kota Magelang, dinobatkan sebagai pasar rakyat ramah difabel oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI tahun 2019. Penghargaan diserahkan Presiden Joko Widodo kepada Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dalam penganugerahan Pasar Rakyat Award 2019 di Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Jakarta, Selasa (12/3).

”Pak Wali yang menerima langsung penghargaannya di Jakarta,” kata Kepala Bagian Humas Pemkot Magelang, Ahmad Ludin Idris, di kantornya, Rabu (13/3).

blank
Wali Kota Sigit Widyonindito didampingi Kepala Disperindag Kota Magelang Sri Retno Murtiningsih menunjukkan penghargaan yang diterimanya, (Suarabaru.id/dok)

Idris menerangkan, penghargaan ini menjadi kebanggaan sekaligus meneguhkan komitmen bahwa Pemkot Magelang peduli terhadap kaum difabel. Sejumlah fasilitas disediakan di pasar yang pernah terbakar tahun 2008 khusus untuk mereka

Mulai dari kursi roda, guiding block, pagar, jalan landai (ramp), area parkir, hingga toilet dan rambu-rambu. Fasilitas-fasilitas tersebut dibangun sebelum Pasar Rejowinangun menerima sertifikat Standardisasi Nasional Indonesia (SNI).

Idris berharap, pasar-pasar rakyat lainnya di Kota Magelang juga menerapkan fasilitas yang sama secepatnya.

Untuk diketahui, Pasar Rakyat Award 2019 merupakan bentuk apresiasi pemerintah pada pengelola pasar yang telah mengelola dan mengembangkan pasar rakyat dengan baik, serta menyediakan barang kebutuhan masyarakat dengan harga terjangkau.

Wali Kota Sigit Widyonindito bangga Pasar Rejowinangun terpilih sebagai pasar ramah difabel. Menurutnya, penghargaan ini bukan sekedar apresiasi terhadap upaya menyediakan fasilitas khusus penyandang difabel,  tetapi menjadi motivasi bagi pemerintahan agar selalu memperhatikan mereka.

Sigit menerangkan, penghargaan ini menambah deretan prestasi yang diraih Pasar Rejowinangun.

Sebelumnya, pasar rakyat terbesar di Kota Magelang ini telah menerima sertifikat SNI dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) 2019, dan Pasar Terbaik Nasional tahun 2017.

Suarabaru.id/dh