Bagikan
Raheem Sterling/dok

MANCHESTER – Peluang Manchester City untuk menembus perempat final Liga Champions musim 2018-2019 terbuka lebar. The Citizens seperti melakoni partai formalitas saat menjamu Schalke pada leg kedua babak 16 besar di Stadion Etihad, Rabu (13/3) dini hari WIB. Pada pertemuan pertama Manchester Biru unggul 3-2 selepas tertinggal 1-2. Meski kans begitu terbuka, manajer Pep Guardiola mengingatkan kemungkinan terjadinya kejutan. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu tak mau skuadnya bernasib seperti Paris Saint-Germain (PSG).

Les Parisiens unggul 2-0 pada laga pertama. Namun, juara Prancis itu kemudian dipukul balik oleh Manchester United dengan skor 1-3 dalam duel di Parc des Princes. ”Kami harus fokus kali ini. Pada pertandingan pertama kami tampil buruk. Itu tak boleh terulang lagi,” ungkap Pep. Manchester Biru memenangi tujuh dari delapan pertandingan terakhir melawan tim-tim Jerman sejak kalah 0-1 dari Bayern Munich pada September 2014. City juga menang enam kali dan kalah lima kali dalam 12 laga terkini di Eropa.

David Silva dan kolega belum pernah gagal lolos pada fase gugur setiap kali menang tandang pada leg pertama. Mereka sudah sembilan kali melakukannya, terakhir melawan Basel pada babak 16 besar musim lalu. Raheem Sterling bakal menjadi pusat perhatian dari fans. Dia mencetak enam gol dalam enam penampilan terakhir bersama City.

Di kubu Schalke, pelatih Domenico Tedesco pada posisi tertekan. Pria 33 tahun itu kesulitan mengangkat performa Nabil Bentaleb dan kawan-kawan. Di Liga Champions, Die Koenigsblauen memang berstatus kuda hitam. Di Bundesliga pun mereka terseok-seok. Schalke kini terpuruk di urutan ke-14. Wakil Jerman ini hanya berharap ada keajaiban di markas City. Sebuah asa yang akan sulit terpenuhi. Pasalnya, pasukan tamu kalah segala-galanya secara teknis.

”Saya masih terbayang kekecewaan pada pertemuan pertama. Kemenangan yang sudah di depan mata akhirnya sirna,” ujar Tedesco. ”Melawan mereka di kandang benar-benar sulit. Namun, kami siap mencoba dan berusaha,” imbuhnya. Schalke tanpa kemenangan dalam enam laga terakhir melawan tim-tim Inggris. Mereka juga selalu tersingkir di kompetisi Eropa setiap kali kalah di kandang sendiri pada leg pertama. (rr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here