Bagikan
Dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara, KPU Kabupaten Temanggung menemukan sebanyak 22.951 surat suara yang akan digunakan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD I dan DPRD II  rusak. Suarabaru.id/Yon

TEMANGGUNG – Sebanyak 22.951 surat suara yang akan digunakan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD I dan DPRD II ditemukan  rusak. Temuan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung pada  penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut.

“Dari 22.951 surat suara yang rusak, paling banyak  terjadi pada surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden yakni ada 12.847 lembar,” kata Ketua KPU Temangung M Yusuf Hasyim.

Yusuf Hasyim mengatakan, sedangkan surat suara untuk pemilihan anggota  DPR RI mencapai 3.370 lembar dan  surat suara  pemilihan anggota DPR  RI sebanyak  2.339 lembar . Sementara surat suara untuk pemilihan anggota  DPRD Kabupaten Temanggung yang rusak  ada 4.395 surat suara.

Menurutnya, kerusakan surat suara tersebut  bervariasi seperti ada di beberapa bagian yang sobek, cetakannya tidak begitu jelas, serta adanya bercak-bercak tinta tinta yang mengganggu.

Ia menambahkan, surat suara yang rusak  tersebut saat ini disimpan di KPU Temanggung dan akan dilaporkan ke  KPU RI untuk dimintakan  pengggantinya. ‎Kemudian, akan  dimusnahkan.

Yusuf mengatakan,  pihaknya akan melakukan proses penyortiran sekali lagi terhadap surat suara yang ditemukan rusak tersebut. Hal ini untuk memastikan, surat suara yang digunakan untuk pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) secara serentak pada 17 April mendatang benar-benar layak.

Pihaknya juga menghitung kembali jumlah surat suara untuk memastikan tidak ada kekurangan pada saat waktu pemungutan suara dilakukan. Meskipun demikian, jumlah surat suara sesuai dengan kubutuhan. Yakni, berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap ditambah dua persen sebagai cadangan.

”Sesuai data yang kami miliki, jumlah DPT di Temanggung ada 602.309 yang tersebar di 20 kecamatan. Sementara untuk jumlah tempat pemungutan suara nanti ada 2.475 titik,” katanya.

Suarabaru.id/Yon

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here