Bagikan
Seorang warga menerima Kartu KIS setelah namanya dipanggil petugas dan disaksikan langsung Kades Dokoro, Masrukin. Foto: Hana Eswe

 

GROBOGAN – Sebanyak 125 KK di Desa Dokoro, Kecamatan Wirosari mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dibagikan di balai desa setempat, Selasa (5/3).

Setelah mendapatkan pengarahan dari Kepala Desa Dokoro, Masrukin, seluruh KK yang terdata sebagai penerima KIS mengantre hingga namanya disebut guna mendapatkan amplop berisi kartu KIS tersebut.

Sebanyak 125 amplop berisi KIS ini dibagikan kepada masyarakat Desa Dokoro yang namanya terdaftar di Basis Data Terpadu (BDT) yang dikelola dari Pusat.

Sementara itu, penyaluran Kartu KIS ini menggunakan dana yang dialokasikan dari APBN. Hal tersebut dijelaskan Danang Wahyu Saputro, petugas TKSK Dinas Sosial Kabupaten Grobogan saat memberikan pengarahan di hadapan para penerima KIS tersebut.

“Hari ini kita melaksanakan pembagian Kartu Indonesia Sehat atau yang disebut KIS kepada 125 penerima di Desa Dokoro, Kecamatan Wirosari. Hari ini merupakan penyaluran terakhir di wilayah Kecamatan Wirosari. Secara total sudah 1.004 amplop berisi kartu KIS yang sudah disalurkan untuk masyarakat di wilayah Kecamatan Wirosari ini,” kata Danang, sapaan akrabnya.

Ditambahkan Danang, penyaluran Kartu KIS ini diberikan kepada warga yang benar-benar membutuhkan. Dalam arti, Kartu KIS yang dibagikan ini diserahkan kepada warga yang tepat sasaran.

Sementara itu, Kepala Desa Dokoro Masrukin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang telah memperhatikan warganya dengan adanya KIS ini.

“Saya merasa senang dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, khususnya kepada Dinas Sosial Kabupaten Grobogan dan Dinsos Kecamatan Wirosari. Saya berharap adanya program ini, masyarakat di Desa Dokoro yang mendapatkan KIS ini bisa lebih terjaga kesehatannya dan lebih sejahtera,” ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan Suprihatin, salah satu warga yang menerima KIS tersebut. Menurut dia, adanya KIS ini sangat membantu keluarganya. Terutama untuk berobat saat sakit.

“Saya senang mendapatkan KIS ini. Tadi sudah dijelaskan, KIS ini bisa dipergunakan berobat di tempat-tempat yang ditunjuk, seperti di sini bisa digunakan berobat di Puskesmas Wirosari 2 yang dekat dengan rumah saya,” katanya.

Petugas TKSK Dinas Sosial Kabupaten Grobogan ikut memantau jalannya pembagian Kartu KIS di Desa Dokoro. Foto: Hana Eswe

Dari data BPJS Kesehatan Grobogan, total KIS yang sudah disalurkan di seluruh Kabupaten Grobogan pada tahap 10 ini berjumlah 15.799 kartu diterima warga se Kabupaten Grobogan yang terdata sebagai penerima KIS. Hal tersebut dibenarkan Kepala BPJS Kesehatan Grobogan, Theresia Dian Pramudita.

“Total pada pendistribusian Kartu Indonesia Sehat (KIS) tahap 10 di Kabupaten Grobogan berjumlah 15.799 yang disalurkan kepada masyarakat penerima KIS di wilayah ini. Pendistribusian KIS ini sesuai dengan sesuai Keputusan Menteri Sosial No.157/HUK/2018 dan No 01/HUK/2019,” jelas Dita, sapaan akrabnya, saat dikonfirmasi suarabaru.id.

suarabaru.id/Hana Eswe

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here