Bagikan
Ipda Sukiyatno bersama Ipda Agus selaku Kaposko OMB Polres Wonogiri, menyerahkan dokumen berita acara pengiriman logistik surat suara kepada Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi (kedua dari kanan). Ikut menyaksikan Anggota Bawaslu Wonogiri Joko Kiswanto (kanan).(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Menurut rencana, Selasa (5/3) hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri, akan memulai melakukan pekerjaan pelipatan surat suara. Ini dilaksanakan, menyusul telah diterimanya droping logistik surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tanggal 17 April 2019 mendatang.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Wonogiri Toto Sihsetyo Adi, surat suara tersebut telah tiba Sabtu siang (2/3) lalu, di Kantor KPU Wonogiri Jalan Gunung Gandul Joho Lor RT 3/RW 5, Kelurahan Giriwono, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri. Logistik surat suara yang telah tiba, adalah jenis surat suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019. KPU Wonogiri, menerima droping dari Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) Jalan Percetakan Negara Nomor: 21 Johar Baru, Jakarta Pusat (Jakpus). Dalam hal ini, PNRI bertindak selaku pihak penyedia surat suara Pemilu 2019.

Dijelaskan oleh Toto, surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang didrop ke KPU Wonogiri, seluruhnya berjumlah 444 dos. ”Diterima dengan baik dalam keadaan muatan kendaraan masih tersegel,” tegasnya. Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi yang berperan sebagai Divisi Keuangan, Umum, Logistik, dan Rumah Tangga, hadir langsung untuk menerima penyerahan surat suara tersebut. Toto, didampingi Anggota KPU Dwi Prasteyoi selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Anggota KPU Agustina Puspa Dewi selaku Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Anggota KPU Pradika Harsanto (Divisi Hukum dan Pengawasan), Anggota KPU Wahyu Nurjanah (Divisi Teknis Penyelenggaraan).

Turut hadir pula dalam acara tersebut, Sekretaris KPU Kabupaten Wonogiri Supardi, Anggota Bawaslu Kabupaten Wonogiri Joko Kiswanto, Kasubag Logistik KPU Kabupaten Wonogiri Tanto Winurdin, Kaposko Operasi Mantab Brata (OMB) Candi Polres Wonogiri Ipda Tri Agus bersama Kanit I Intelkam Polres Wonogiri Ipda Sukiyatno.

Logistik surat suara Pilpres 2019 tersebut, diangkut dengan kendaraan truk boks berplat nomor AD 1579 HP, yang dikemudikan oleh Ribut Dwi Nugroho (32), warga asal Desa Balong, Kecamata Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Logistik yang dikirimkan ke KPU Kabupaten Wonogiri ini, berupa surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 443 kotak (yang masing-masing kotak berisi sebanyak 2.000 lembar) dan 1 kotak lagi berisi sebanyak 1.221 lembar dengan total jumlah sebanyak 444 dos atau sebanyak 887.221 lembar.

Menindaklanjuti telah diterimanya droping surat suara tersebut, pihak KPU Wonogiri sebagai penerima, kemudian melakukan pengecekan. Yakni pengecekan apakah sudah sesuai dengan dokumen berita acara pengirimannya. Terkiat ini, Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, menyatakan, hasil pengecekan pada droping surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tersebut, tidak terdapat kekurangan. Pengecekan sampling isi logistik surat suara, dilakukan oleh Komisioner bersama staf Sekretariat KPU Kabupaten Wonogiri dengan disaksikan personel dari Bawaslu Kabupaten Wonogiri.

Untuk selanjutnya, logistik surat suara tersebut kemudian disimpan di aula Kantor KPU Kabupaten Wonogiri. Upaya pelipatan surat suara, akan mulai dilaksankan pada hari Selasa (5/3) di Gedung PGRI Kabupaten Wonogiri. Upaya pengamanan logistik surat suara ini, dilaksanakan oleh piket Kantor KPU Kabupaten Wonogiri bersama personel Polres Wonogiri di bawah komando Kapolres AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, melalui Kaposko OMB Candi Polres Wonogiri yang dikoordinasikan oleh Ipda Tri Agus dan Ipda Sukiyatno.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here