Bagikan
SAKSIKAN DURIAN : Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyaksikan durian unggul yang dipamerkan dalam Fetival Buah yang digelar di Pasar Hewan dan Buah Kaliwiro Wonosobo, kemarin. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO – Festival buah yang berlangsung di komplek Pasar Hewan dan Pasar Buah Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo, berlangsung semarak dan meriah, Kamis (28/2). Ribuan warga tumblek-blek di area pasar untuk menyaksikan aneka buah yang dilombakan.

Wilayah Kaliwiro selama ini memang tersohor sebagai sentra buah unggulan di Wonosobo. Berbagai aneka buah seperti pisang, durian dan kelapa, tumbuh subur dan dibudidayakan di daerah ini.

Kaliwiro pun masuk kawasan agropolitan Rojonoto (Kaliwiro, Sukoharjo, Leksono dan Selomerto), karena keunggulan aneka komoditas buah-buahan. Tiap seminggu sekali, yakni waktu hari pasaran Pahing, Pasar Hewan dan Buah Kaliwiro, dipenuhi aneka buah-buahan.

Camat Kaliwiro, Sujarwo S Sos MM mengatakan festival buah-buahan digelar dalam rangka untuk menggairahkan petani buah setempat dalam membudidayakan potensi aneka buah-buahan yang ada. Petani pun bisa meningkatkan produksi buah dari waktu ke waktu.

“Selain itu, festifal buah bisa menjadi ajang promosi bagi pemasaran hasil pertanian dan perkebunan, tidak saja di Wonosobo, tapi juga menyebar ke daerah-daerah di luar Wonosobo atau seluruh kota yang ada di Jawa Tengah”, katanya.

Festival tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Wonosobo Eko Purnomo. Turut hadir Kepala Dinas Pertanian Ir Abdul Munir MSi, Ketua Persit Candra Kirana Ny Fauzan Fadli dan unsur Forkompincam Kaliwiro serta seluruh Kepala Desa yang ada di wilayah setempat.

Selama festival berlangsung ada puluhan buah yang dijajakan kelompok tani di stand-stand yang ada. Meski yang dilombakan hanya buah durian, pisang dan kelapa, namun banyak aneka buah lain yang ikut dipamerkan, seperti nanas, salak pondoh, nangka, petai dan rupa-rupa buah lainnya.

Bupati dan rombongan pun berkesempatan untuk keliling meninjau stan yang ada. Bahkan beberapa kali suami dari Fairuz Eko Purnomo tersebut diminta warga untuk mencicipi aneka buah yang dipajang. Beberapa kali Bupati tampak melakukan dialog dengan petani.

Belah Durian

Bupati Wonosobo Eko Purnomo mengatakan potensi buah-buahan di wilayah Kaliwiro sangat luar biasa. Pihaknya pun mengapreasi upaya petani setempat dan Pemerintah Kecamatan Kaliwiro yang ingin mengenalkan potensi buah lokal unggulan lewat festival.

Pembukaan festival buah ditandai pembelahan durian unggul oleh orang nomer satu di Wonosobo itu. Buah tersebut lalu dinikmati Bupati bersama pejabat lain yang hadir dan unsur Forkompincam Kaliwiro. “Wah durian Kaliwiro benar-benar luar biasa. Kesat dan manis””, lontar Eko.

Dikatakan Bupati, sumberdaya alam Kecamatan Kaliwiro yang bagus, dengan hasil pertanian yang unggul, seperti gelaran acara hari ini merupakan langkah strategis hasil buah unggulan lokal Kaliwiro dikenal oleh daerah lain.

“Potensi yang ada, ke depan diharapkan akan terus ada varietas baru sehingga menarik minat pengemar durian untuk datang ke Kaliwiro. Hal itu pasati akan berdampak peningkatan ekonomi dan mendorong kewirausahaan (enterpreneurship) yang menghasilkan berbagai produk dengan nilai jual tinggi”, katanya.

Lebih lanjut disebutkan, potensi buah-buahan yang ada tentu bisa dipadu dengan unsur rekreatif dan wisata tidak meningalkan upaya pemeliharaan lahan dengan baik.
Potensi ekonomi yang ada memberikan efek positif bagi kesejahteraan warga masyarakat dan mengangkat nama Wonosobo.

Adapun keluar sebagai
pemenang lomba kelapa, juara
1 Kodrat (Desa Medono), juara 2 Ubaidah (Desa Ngadisono) dan juara 3 Kuat (Desa Grugu)).
Pemenang lomba pisang juara
1 Supriyanto (Desa Kemiriombo), juara 2 Mansur (Desa Ngadisono) dan juara
3 Ngasirul ( Kaliwiro).

Sementara pemenang lomba durian jauara
1 Yanto (Desa Tanjunganom), juara 2
Sabilan (Desa Selomanik) dan juara 3
Suniyanto (Desa Sukoreno). Para pemenang mendapat tropi, piagam dan hadiah lainnya dari Dinas Pertanian Kabupaten Wonosobo.

Suarabaru.id/Muharno Zarka

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here