Bagikan
IKRAR BERSAMA : Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK setalah melakukan ikrar bersama pakta intergritas jajaran Polres untuk bebas KKN bersama unsur Forkompinda di Aula Mapolres, Kamis (28/2), hari ini. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO – Polres Wonosobo mempelopori pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) di wilayah kerjanya di Aula Mapolres, setempat, Kamis (28/2).

Pencanangan pembangunan integritas tersebut ditandai dengan ikrar dan penandatanganan bersama pakta integritas oleh Kapolres AKBP Abdul Waras SIK, Dandim 0707 Letkol Czi Fauzan Fadli SE, Wakil Bupati Agus Subagiyo, Ketua DPRD Afif Nurhidayat dan Ketua LSM MB Hartono SIP, disaksikan tamu undangan yang lain.

Turut hadir dalam acara tersebut unsur Forkompinda yang lain, pejabat di jajaran Polres Wonosobo, Kapolsek se-Wonosobo dan wartawan media cetak, elektronik dan online yang biasa melakukan peliputan di wilayah Polres Wonosobo.

Kapolres AKBP Abdul Waras SIK mengatakan penandatangan pakta integritas ini menjadi komitmen bersama jajaran Polres Wonosobo dalam upaya mewujudkan wilayah kerjanya yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) guna menuju birokrasi yang bersih dan melayani.

Saat ini, ditambahkan Abdul Waras, gedung Mapolres Wonosobo baru saja selesai dibangun dan ditempati. Gedung yang ada dipandang cukup representatif untuk mendukung jajaran kepolisian bekerja lebih baik lagi dalam melayani masyarakat.

“Dalam melayani masyarakat sesuai pakta integritas yang ada jajaran kepolisian harus bebas KKN, tidak menerima suap dalam bentuk apapun dan harus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Karena aparat kepolisian sejatinya merupakan abdi negara dan abdi masyarakat”, ujarnya.

Jaga Sinergitas

Sebelum dibacakan pakta integritas secara bersama-sama, tamu undangan yang hadir disuguhi penayangan aktifitas jajaran Polres Wonosobo dalam melayani masyarakat dan melakukan aktifitas sehari-hari paska menempati gedung baru di Jl Bhayangkara tersebut.

Penayangan aktifitas Polres Wonosobo meliputi kegiatan apel pagi, upacara, pelayanan masyarakat hingga patroli keamanan dan ketertiban wilayah di malam hari. Hal tersebut menunjukan bahwa jajaran aparat kepolisian melakukan aktifitas tak mengenal waktu.

Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo menyampaikan apresiasi yang tinggi karena sinergitas antara jajaran Polri, TNI, pemerintah dan masyarakat di wilayah kerjanya sudah berjalan baik. “Ini merupakan wujud kebersamaan dalam memajukan daerah”, katanya.

Terkait dengan pencanangan pembangunan zona integritas dan penandatangan pakta integritas Agus menyebut Polres Wonosobo telah mempelopori managemen publik yang baik karena membuka kran keterbukaan dalam kepada masyarakat.

Menurut Wabup, pembangunan zona dan pakta integritas sangat ditentukan oleh kapasitas, profesionalitas dan kualitas masing-masing individu. Perlu ada upaya SDM di kepolisian yang menjujung tinggi nilai kejujuran, kebenaran, kerja keras dan bebas KKN, suap, pungli dan gratifikasi.

“Pada dasarnya Pemkab Wonosobo akan selalu mendukung upaya terbaik yang dilakukan oleh jajaran Polri, TNI dan unsur Forkompinda yang lain sebagai garda terdepan dalam penegakan hukum dan pelayanan publik untuk masyakarat”, tegasnya.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here