Bagikan
Drg Pratono Aji Santoso memperagakan cara menyikat gigi di hadapan anak-anak PAUD/TK se Kabupaten Grobogan di Halaman Master Park Purwodadi. Foto: Hana Eswe

GROBOGAN – Sekitar enam ribu orang terlihat memenuhi halaman Master Park, Jalan Gajahmada Purwodadi, Rabu (27/2). Mereka adalah para murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) se Kabupaten Grobogan.

Kedatangan mereka ke tempat wisata yang berada di kompleks Kyriad Grand Master Hotel Purwodadi untuk mengikuti kegiatan “Budayakan Hidup Sehat Sejak Dini” yang diselenggarakan Master Park bersama Himpaudi Kabupaten Grobogan dan PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Cabang Grobogan. Dalam kegiatan tersebut, para siswa diajarkan para dokter gigi tentang cara menyikat gigi dengan baik dan benar. Di samping itu, mereka juga dilatih tahapan-tahapan untuk mencuci tangan.

Terlihat para siswa sangat antusias dengan kegiatan tersebut. Didampingi oleh orang tuanya, mereka menggunakan sikat gigi beserta pasta gigi yang didapatkan secara gratis dari panitia. Kemudian, mereka menyikat gigi mengikuti arahan dokter.

“Jadi nanti setelah dipakaikan pasta gigi di atas bulu sikatnya, kemudian adik-adik kumur dulu pakai air. Lalu sikatnya ditempelkan di gigi, digosok di bagian atas, lalu di bagian bawah, di dalam juga kiri kanan. Supaya bersih ya,” kata Drg Pratono Aji Santoso, salah satu dokter yang memberikan materi di hadapan anak-anak.

Dokter gigi yang sehari-harinya berpraktik di RSUD dr Soedjati Purwodadi ini menjelaskan, kegiatan ini sangat positif sebab dengan acara menggosok gigi bersama ini, para siswa PAUD dan TK dikenalkan cara merawat gigi yang baik. Menurut dia, perkenalan cara menyikat gigi kepada anak-anak di usia dini juga sekaligus dapat mencegah penyakit gigi.

Para siswa diajak berkumur sebelum menyikat giginya. Foto: Hana Eswe

“Zaman sekarang ini tidak seperti jaman dulu. Banyak produk makanan yang ditawarkan kepada anak-anak di usia dini. Termasuk makanan yang manis, permen atau cokelat. Karena itu, mereka diperkenalkan cara menggosok gigi ini supaya dapat mencegah sakit gigi. Sebab, jika anak-anak tersebut sampai sakit gigi, itu akan mengganggu konsentrasi belajarnya,” tambahnya.

Kegiatan ini juga ditanggapi positif orang tua siswa yang ikut mendampingi mereka. Seperti Mutani, warga Purwodadi yang mendampingi putrinya yang tengah belajar menggosok gigi.

“Saya ke sini mendampingi anak saya di kegiatan ini. Menurut saya, kegiatan ini sangat penting sekali sebab anak saya ini jika disuruh gosok gigi sangat susah. Dan giginya ada yang keropos, karena itu saya berharap setelah adanya kegiatan ini, anak saya mau sikat gigi setelah makan jajanannya,” kata Mutani.

Sementara itu, Anggono Ahyunianto, panitia kegiatan “Budayakan Hidup Sehat Sejak Dini” tersebut memaparkan, tujuan dari kegiatan ini yaitu mengajak seluruh siswa PAUD/TK se Kabupaten Grobogan untuk menjaga kesehatan tubuh mereka sejak dini.

“Sesuai dengan judul kegiatan ini, sejak dini kita ajak untuk mengerti menjaga kesehatan tubuh melalui menyikat gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar. Dan kegiatan ini kita adakan selama dua hari, yaitu dari tanggal 27-28 Februari 2019. Hari ini adalah hari pertama dengan total peserta enam ribu orang dan bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Grobogan dan juga para guru PAUD/TK yang tergabung dalam Himpaudi Grobogan,” jelas Anggono, sapaan akrabnya.

Suarabaru.id/Hana Eswe

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here