Bagikan
Jajaran pengurus Bhayangkari Cabang Polres Temanggung bersama dengan  ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0706/Temanggung dan instansi lainnya melaksanakan kegiatan resik resik pasar dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional. Foto:  Yon

TEMANGGUNG-  Ratusan anggota  Bhayangkari Cabang Temanggung bersama anggota Persit Kartika Chandra Kirana Temanggung  melakukan kegiatan resik-resik Pasar Kliwon Reja Amertani Temanggung.

“Kegiatan  resik –resik pasar ini juga melibatkan dari unsur TNI yakni dari Kodim 0706/Temanggung, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan lainnya dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019,” kata Kapolres Temangung AKBP Wiyono Eko Prasetyo di sela-sela acara tersebut, Selasa (26/2).

Wiyono mengatakan, kegiatan resik –resik pasar tersebut bertujuan untuk membangun kesadaran bersama, hidup bersih dan sehat  dalam pengelolaan sampah. Selain itu, juga sebagai sarana agar masyarakat  lebih peduli menjaga kebersihan lingkungannya

Menurutnya, masyarakat harus ikut berpartisipasi dan lebih peduli dalam menjaga  kebersihan lingkungannya masing-masing, sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

Sementara itu, Ketua Cabang Bhayangkari Polres Temanggung, Fifi Wiyono Eko Prasetyo mengajak masyarakat Kabupaten Temanggung untuk lebih peduli terhadap sampah, yakni tidak membuang sampah secara sembarangan. Melainkan membuangnya pada tempat yang disediakan.

Fifi Wiyono mengatakan, kegiatan resik resik pasar tersebut juga bertujuan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat untuk  tidak membuang sampah sembarangan, utamanya sampah plastik. “Masyarakat dihimbau untuk mengurangi penggunaan  bahan-bahan yang terbuat dari plastik, karena  sampah plastik memerlukan ratusan tahun untuk bisa diurai kembali,” katanya.

Ia juga  mengajak masyarakat Temanggung  untuk mengurangi penggunaan sampah anorganik seperti plastik. Melainkan melakukan daur ulang sampah plastik menjadi barang-barang yang lebih berguna .

Fifi Wiyono  menambahkan, gerakan kebersihan yang diprakasai oleh ibu-ibu Bhayangkari Cabang Polres Temanggung ini juga dalam rangka mempertahankan kebersihan Kota Temanggung .

“Apalagi, beberapa waktu lalu Kota Temanggung berhasil meraih penghargaan di bidang kebersihan yakni Adipura,” katanya.

Suarabaru.id / Yon

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here