Bagikan
Sebanyak 25 anak warga Kelurahan Panjang mengikuti kegiatan penguatan Forum Anak yang diselenggarakan Dinas Sosial Kota Magelang, (Suarabaru.id/dok)

 

 

MAGELANG- Dinas Sosial Kota Magelang kembali menggelar kegiatan penguatan Forum Anak. Sasaran kali ini sebanyak 25 anak di Kelurahan Panjang yang tergabung dalam Forum Anak.

Kepala Dinsos Kota Magelang Hardi Siswantono menerangkan, kegiatan ini memiliki sejumlah tujuan. Antara lain sebagai wahana pertemuan anak-anak dari berbagai kelompok untuk membicarakan hal terkait anak.

Selain itu, sebagai upaya peningkatan kapasitas anak di bidang penanaman nilai-nilai luhur budaya bangsa, nasionalisme, patriotisme, serta pengembangan karakter bangsa (nation character building) yang disampaikan dalam suasana bermain, partisipatif dan rekreatif berdasarkan tema-tema yang ditentukan, serta sebagai upaya mensosialisasikan hak dan  perlindungan anak.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan program rutin tahunan yang dilaksanakan Kelurahan Panjang dengan dukungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP4KB) serta  Dinas Sosial.

‘’Kedua organisasi perangkat daerah tersebut memiliki komitmen dalam program perlindunan anak di Kota Magelang,’’ tegas Hardi, kemarin.

Forum Anak, lanjut Hardi, merupakan wadah partisipasi anak untuk menampung aspirasi suara anak, yang dikelola oleh anak-anak usia dibawah 18 tahun bersama pemerintah.

‘’Forum Anak ini berperan memberikan masukan dalam proses perencanaan, pemantauan serta evaluasi kebijakan program dan kegiatan pembangunan daerah,’’ terangnya.

 

Penyuluh Sosial Muda, Dwi Ambar Pratiknyo menambahkan, pengurus Forum Anak  terdiri atas perwakilan anak yang aktif dalam organisasi, kelompok kegiatan atau sanggar-sanggar kegiatan seni-budaya dan olahraga, atau minat anak lainnya.

Di tingkat nasional, Forum Anak Nasional (FAN) merupakan organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

Forum Anak juga senantiasa dikembangkan di tingkat kelurahan/desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional.

‘’Kapasitas dan kualitas anak di Kota Magelang tidak hanya terlepas dalam pemenuhan hak anak semata. Berbagai upaya peningkatan peran dan partisipasi anak dapat diwujudkan melalui kegiatan Forum Anak yang diwadahi tingkat kelurahan, kecamatan dan kota,’’ ungkap Dwi. (Suarabaru.id/dh)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here