Bagikan
Tim Puslabfor saat melakukan pemeriksaan terhadap senpi anggota Polres Pati. Foto: Z Fahmi

PATI – Jajaran Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Cabang Semarang mendadak mendatangi Mapolres Pati, Senin (25/2). Kedatangannya dimaksudkan untuk melakukan uji balistik pada senjata api milik jajaran Polres Pati.

Ada enam anggota tim Puslabfor Cabang Semarang yang datang ke Polres Pati. Mereka dalam melakukan uji balistik dipimpin Kompol Buyung. Sedikitnya, ada 214 pucuk senjata api yang diuji balistik oleh tim Puslabfor.

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly melalui Kasubaghumas Polres Pati  Iptu Agung Suhariono mengatakan, satu persatu senpi dari anggota Polres diperiksa seluruhnya. Pemeriskaa itu sengaja dilakukan untuk mengetahui layak atau tidaknya senpi yang dipegang anggota kepolisian.

‘’Pemerisaan ini ditujukan pada seluruh personil Polres Pati yang memegang senpi. Satu persatu diperiksa dan diujicoba. Ini membutuhkan waktu yang lama, namun semua ini dilakukan untuk memastikan tingkat kesiapan anggota,” jelasnya.

Menurutnya, pemeriksaan pada senpi tersebut tidak hanya dilihat dari kondisinya. Namun, tingkat keakuratan dan jarak sasaran dari senjata api itu sendiri juga diujicobakan.

Jon Wesly menjelaskan, kegiatan uji balistik itu sesuai dengan telegram Kapolres Pati yang dikirimkan beberapa waktu sebelumnya. Dari hasil pemeriksaan sendiri disimpulkan tidak diketemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh anggota kepolisian.

Disebutkan dia, kegiatan serupa rencananya akan dilakukan secara rutin tiap tahunnya. Diharapkan setiap personil kepolisian dapat menjalankan tugasnya semaksimal mungkin. Termasuk kesiapan sarana dan prasarana saat dibutuhkan. ‘’Hasilnya untuk senpi yang digunakan masih cukup baik. Kami akan menindak tegas bagi anggota yang tidak bisa menjaga maupun merapat senpi yang dipegangnya,” tambahnya.

suarabaru.id/Zainudin Fahmi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here