Bagikan
MEMANEN : Serma Rochmat Basyar ikut memanen panen kedelai di lahan warga di Dusun Surengede Kecamatan Kertek Wonosobo. Foto : Muharno Zarka

WONOSOBO – Anggota Koramil 06/Kertek Kodim 0707 Wonosobo Serma Rochmat Basyar melaksanakan Upsus panen kedelai jenis idamami di lahan seluas 2000 m, milik petani Sulamto yang tergabung dalam Kelompok Tani Gangsar Dusun Surengede Kecamatan Kertek Wonosobo dengan hasil panen 2 ton, kemarin.

Serma Rochmat dan anngota TNI yang lain turun langsung ke lokasi serta ikut membantu warganya yang sedang panen Kedelai. Menurutnya, Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan swasembada ketahanan pangan nasional.

Kebutuhan Kedelai di khususnya di Wonosobo cukup tinggi, karena kedelai merupakan bahan utama pembuatan tempe dan tahu. Sedangkan tempe dan tahu merupakan lauk utama bagi sebagian besar masyarakat.

Sementara, hanya sebagian kecil mastarakat Wonosobo yang mau menanam kedelai. Untuk mencukupi kebutuhan akan kedelai maka mendatangkan dari luar daerah, bahkan yang ada di pasaran sebagian merupakan kedelai impor dari luar negeri.

Menurut Serma Rochmat Konsumsi kedelai di Indonesia dipastikan akan terus meningkat setiap tahunnya mengingat beberapa pertimbangan seperti bertambahnya populasi penduduk, peningkatan pendapatan per kapita, kesadaran masyarakat akan gizi makanan.

Namun produksi kedelai belum mencukupi kebutuhan lokal. Sehingga diharapkan dari kegiatan panen ini dapat membantu meningkatkan produksi kedelai yang ada di Indonesia, khususnya di Kabupaten Wonosobo.

Ketahanan Pangan

“Kami sebagai Babinsa siap membantu warga untuk terciptanya program ketahanan pangan serta mendorong pembangunan daerah dan membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dengan cara terjun langsung mendampingi serta memberikan penyuluhan kepada para petani,” kata Serma Rochmat.

Adanya pendampingan yang dilaksanakan Babinsa, tambah dia, diharapkan akan meningkatkan semangat kerja dari para petani. Sehingga mampu meningkatkan hasil panen para petani. Karena kegiatan ini, tak hanya dilaksanakan di tempat ini saja tapi juga di daerah lain yang ada di wilayah Wonosobo,” ulasnya.

Ditambahkannambahkan, jika kegiatan ini dilanjutkan terus-menerus, target swasembada pangan di wilayah Wonosobo khususnya di Kecamatan Kertek, baik komoditi padi, jagung maupun kedelai akan tercapai.

Sulamto selaku pemilik lahan kedelai mengatakan sangat berterimakasih kepada TNI, khususnya Babinsa Koramil 06/Kertek yang mempelopori swasembada pangan di wilayahnya dengan pendampingan yang dilakukan, sehingga hasil produksi meningkat drastis.

“Terimakasih kepada Babinsa, dengan adanya pendampingan ini diharapkan mampu mendongkrak hasil panen, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani yang ada di wilayah ini,” ujarnya.

suarabaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here