Bagikan
Jafri Sastra/dok

SEMARANG – Pelatih Kepala PSIS Semarang Jafri Sastra memiliki kriteria khusus untuk pemain asing yang akan bergabung di skuadnya musim ini. Ekspatriat yang direkrut nanti wajib memiliki kualitas setara penggawa tim nasional (timnas) Indonesia. Jafri mengungkapkan hal itu selepas memantau peforma tiga pemain seleksi, yakni Diego Garcia (striker Cile), Esaiah Pello Benson (gelandang naturalisasi), dan Fauzan Jamal (bek kiri lokal) di Lapangan Sekolah Terang Bangsa Semarang, Kamis (21/2). Juru taktik asal Sumbr ini tak ingin asal memilih. Sebab, keberadaan pemain asing akan memperkuat kedalaman skuadnya di Liga 1 2019.

”Untuk perekrutan pemain asing harus sesuai kriteria sehingga tim pelatih bisa menyiapkan mereka untuk berdaptasi dan memadukan mereka dalam teamwork yang sudah kami persiapkan bersama pemain lokal. Yang pasti kualitasnya harus setara pemain tim nasional kita,” ujar Jafri. Dari tiga nama itu, Jafri lebih banyak berkomentar terkait keberadaan Benson dibanding Diego. Bagi dia, Benson (36) masih memiliki sentuhan yang bagus. Namun, dia ingin mengetahui lebih detail ke depan. Terkait Diego, pemain ini baru sekali berlatih dan belum banyak hal yang bisa dikomentari.

Pelatih 53 tahun ini sedang menunggu kedatangan duo Brasil untuk menggisi slot yang ditinggal bek Petar Planic dan striker Bruno Silva. Dua penggawa itu adalah mantan bek Persela Lamongan Wallace Costa dan striker tim Liga Utama Iran Esteghlal Khuzestan, Claudir Junior Marini. Khusus Wallace, pemain ini disebut manajemen PSIS sudah 99 persen merapat. Pemain belakang 32 tahun itu tinggal menjalani tes kesehatan dan fisik. Baik Wallace maupun Marini sudah sampai di Indonesia, tapi belum berlatih bersama tim.

”Untuk Wallace, dia pemain bagus dan sudah satu tahun bermain di Liga Indonesia. Berbeda dari Marini yang baru saya lihat di video dan belum pernah bermain di sini. Wallace merupakan salah satu center back terbaik di Liga 1,” jelas Jafri. Dia menyambut baik jika Wallace bisa langsung dikontrak secara permanen. Jika hal itu diamini manajemen, bek bertinggi 182 centimeter itu akan menjadi pemain asing kedua Laskar Mahesa Jenar setelah Ibrahim Conteh. (rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here