blank
Seorang siswa tampil pada lomba bercerita siswa sekolah dasar (SD)/madrasah ibtidaiyah (MI) tingkat Kota Magelang 2019, (Suarabaru.id/dok).

 

MAGELANG- Untuk menanamkan rasa cinta Tanah Air sejak dini kepada generasi muda, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang menggelar lomba bercerita  siswa sekolah dasar (SD)/madrasah ibtidaiyah (MI) tingkat Kota Magelang 2019.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini selalu disambut antusias dengan banyaknya peserta yang berpartisipasi.

‘’Tahun ini pesertanya sebanyak 83 anak dari seluruh SD/MI baik negeri maupun swasta di Kota Magelang,’’ tutur Plt Kepala Disperpusip Kota Magelang, Triyamto Sutrisno, kemarin.

Triyamto menuturkan, tujuan dilaksanakannya lomba ini  untuk menumbuhkan rasa cinta Tanah Air pada generasi muda, khususnya siswa SD/MI. Hal itu sejalan dengan tema lomba tahun ini ‘Dengan Lomba Bercerita, Kita Tanamkan Rasa Cinta Budaya Bangsa’.

‘’Harapannya siswa-siswa mulai dini selalu mencintai budaya, khususnya budaya tradisional, budaya bangsa, sehingga nantinya akan tertanam pula rasa cinta Tanah Air,’’ terangnya.

Pada lomba itu peserta membawakan cerita tradisional di hadapan para peserta lain dengan waktu selama 10 menit. Mereka diperbolehkan membawa alat peraga untuk improvisasi cerita.

‘’Penilaiannya dari segi gaya pembawaan, penguasaan materi, intonasi, gerakan, serta peralatan atau alat peraga yang dibawa dan ditampilkan oleh peserta,’’ ujar Triyamto.

Juara I lomba bercerita ini, lanjut Triyamto, akan dikirim ke lomba serupa tingkat Provinsi Jawa Tengah. Tahun 2017 perwakilan Kota Magelang berhasil menjadi juara harapan I dalam lomba bercerita tingkat Jateng. ‘’Tahun ini diharapkan bisa lebih baik lagi, atau minimal sama dengan tahun kemarin,’’ harapnya. (Suarabaru.id/dh)