Bagikan
Houssem Aouar/dok

LYON – Wakil Prancis, Lyon, ingin mengubah peruntungan saat menjamu Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions leg pertama di Stadion Groupama, Rabu (20/2) dini hari WIB. Les Gones butuh kemenangan pertama atas raksasa Spanyol itu jika ingin membuka jalan ke perempat final. Lyon belum pernah menang atas Barca. Dalam enam pertemuan terdahulu, The Kids hanya mampu meraih dua hasil imbang dan dipaksa menelan empat kekalahan.

Lyon butuh semua pemain terbaik untuk bisa mengubah peruntungan. Sayang, mereka harus kehilangan Nabil Fekir, kapten sekaligus salah satu pemain tertajam. Fekir, yang sudah mencetak 11 gol musim ini, dipastikan absen lantaran menjalani larangan bertanding. Tanpa Fekir, pelatih Bruno Genesio berharap pada kinerja Houssem Aouar. Gelandang 20 tahun itu diplot sebagai pengganti sang skipper. Meski muda, pengalaman dan kemampuan Aouar lebih dari cukup. Seperti Fekir, Aouar juga punya tembakan kaki kiri keras. Genesio bakal menurunkan skema 4-3-3. Tumpuan gol menjadi tugas trio barisan penggempur, Moussa Dembele, Memphis Depay dan Bertrand Traore.

Di kubu Barca, pelatih Ernesto Valverde belum mampu mencari pelapis Lionel Messi. Faktor Messi sebagai goal getter dan figur sentral tak tergoyahkan. Keberadaannya untuk tim masih amat kuat. Messi sudah mencetak tiga gol dalam empat penampilan melawan Lyon. Dia juga merupakan top scorer La Blaugrana di semua kompetisi musim ini dengan torehan 30 gol.

La Pulga (Si Kutu), julukan Messi, adalah ancaman terbesar buat Les Gones. Di lini depan, dia bakal ditemani Ousmane Dembele dan Luis Suarez. Dembele dan Suarez juga semakin garang musim ini. Dembele menyumbang 13 gol, sedangkan Suarez 16 gol. Kalau ketiganya dibiarkan bebas, barisan pertahanan pasukan tuan rumah akan kedodoran seperti Tottenham Hotspur dan PSV Eindhoven.

Harus diakui, titik lemah Los Cules ada di lini belakang. Absennya bek tengah Samuel Umtiti membuat Gerard Pique kehilangan tandem terbaik. Clement Lenglet tidak buruk, tapi belum setangguh Umtiti. ”Kalau aliran serangan terjaga, kami tak perlu risau bermain di mana pun. Ketika mengalahkan Real Valladolid, alur serangan kami belum seperti biasanya,” ujar Ernesto Valverde. (rr)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here