Bagikan
DISUMPAH: 216 Lulusan Secaba Magelang disumpah, Senin pagi (18/2)

MAGELANG – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen M Effendi SE MM melantik 216 orang bintara TNI baru. Pelantikan dilaksanakan dalam Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Bintara TNI AD TA 2019 di Lapangan Koesen Hiro Hoesodo Rindam IV/Diponegoro, Senin (18/2).

Pada upacara tersebut dihadiri juga oleh Danrem 072/Pamungkas, Danrindam dan Wadan Rindam IV/Diponegoro, Dandim 0705/Magelang, pejabat Pemkot Magelang, para Kabag dan Dansatdik Rindam IV/Diponegoro, Ketua Persit PD IV/Diponegoro beserta pengurus, serta orang tua lulusan Secaba yang dilantik.

Pada penutupan Pendidikan Pertama Bintara TNI AD TA. 2019 tersebut Serda Risang Lukito asal Getasan, Semarang, menunjukkan prestasinya sebagai lulusan terbaik pendidikan di Secaba Rindam IV/Diponegoro, Magelang.

”Pada upacara ini mereka diambil sumpah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. Ini memiliki makna dan nilai yang sangat religius serta bersejarah,” kata Pangdam.

Selebihnya Pangdam mengatakan, sumpah tersebut tidak saja karena perubahan status dari sipil menjadi Bintara TNI Angkatan Darat. Akan tetapi juga membawa konsekuensi logis sebagai awal dari tuntutan tugas yang harus diemban sebagai abdi negara di bidang pertahanan. Juga sebagai amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kepada TNI, rakyat, bangsa dan negara.

Pengambilan sumpah itu mutlak dilaksanakan sebagai wujud pengakuan negara terhadap para peserta upacara sebagai seorang prajurit TNI Angkatan Darat. Mengandung kewajiban bagi seorang prajurit untuk setia secara lahir dan batin kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Melalui sumpah itu juga menunjukan ketaatan kepada hukum yang berlaku serta menjunjung tinggi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

Dia berharap nantinya dapat lahir Risang yang lain yang juga mampu berprestasi untuk waktu yang akan datang. Serta selalu tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. ”Jadilah prajurit TNI Angkatan Darat yang dapat dibanggakan oleh keluarga, masyarakat, TNI Angkatan Darat, serta bangsa dan negara,” tuturnya.

Para lulusan Bintara tersebut sebelumnya sudah mengikuti Pendidikan Pertama Bintara selama 20 minggu atau lima bulan di bawah asuhan Komandan Sekolah Calon Bintara Rindam IV/Diponegoro Letnan Kolonel Inf Aris Prasetyo SIP.

Setelah pendidikan pertama itu para Bintara akan menempuh pendidikan lanjutan sesuai dengan kecabagan masing-masing. (ach)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here