Bagikan
Sadio Mane/dok

LIVERPOOL – Tiga duel kunci akan punya peran penting ketika Liverpool menjamu Bayern Munich dalam babak 16 besar leg pertama Liga Champions di Stadion Anfield, Rabu (20/2) dini hari WIB. Tiga duel kunci yang dimaksud adalah pertarungan sayap kiri Liverpool Sadio Mane melawan Joshua Kimmich, bek kanan Bayern. Lalu Georginio Wijnaldum, gelandang Si Merah, versus bintang lapangan tengah Munich, Leon Goretzka. Yang terakhir, bek tengah Joel Matip diberi tugas mematikan Robert Lewandowski, mesin gol klub top Jerman ini.

Manajer Liverpool Juergen Klopp tahu persis cara menghadapi klub berjuluk Hollywood FC ini. Semasa masih beredar di Bundesliga, Klopp yang membesut Borussia Dortmund punya pengalaman meladeni Bayern. Hanya, The Kop tak bisa turun dengan kekuatan penuh terutama di sektor bek tengah. Virgil van Dijk, palang pintu terbaik Si Merah, harus absen lantaran akumulasi kartu kuning. Penderitaan bertambah setelah Dejan Lovren belum fit. Lovren mengikuti jejak Joe Gomez.

Dengan demikian Klopp cuma punya satu bek yang siap tampil, yakni Joel Matip. Pemain berkebangsaan Kamerun itu bakal diduetkan dengan Fabinho yang sejatinya merupakan gelandang bertahan. ”Ini bakal menjadi pertandingan yang sulit. Mereka adalah tim top, tetapi bagi saya ini juga akan menyenangkan,” ungkap Klopp.

Mane, yang tampil impresif belakangan ini, diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi dua tandemnya di barisan depan, Roberto Firmino dan Mohamed Salah. Para pemain The Reds meyakini atmosfer Anfield yang gemuruh dan berisik akan menambah semangat mereka untuk habis-habisan di lapangan.

Bagaimana dengan Munich? Pelatih Niko Kovac optimistis performa timnya bisa meningkat. Akhir-akhir ini penampilan Manuel Neuer dan kawan-kawan memang tidak stabil. Die Roten kehilangan gelandang serang Thomas Mueller yang terkena suspensi. Kondisi winger lincah Kingsley Coman juga meragukan. Jika Coman tidak bugar, Franck Ribery disiapkan jadi pengganti.

”Liverpool adalah favoritnya. Mereka cuma kalah sekali di liga musim ini dan hanya kebobolan 15 gol,” tutur Kimmich. Dia mengakui timnya tidak sekonsisten The Reds. Kendati begitu, anggota tim nasional Jerman ini sangat yakin bisa membuat hasil positif di Anfield. Bayern punya dua pemain yang bisa menyulitkan. Keduanya adalah Coman dan Lewandowski. Coman amat licin, lincah, dan memiliki crossing bagus. Sementara Lewandowski diandalkan sebagai finisher di kotak penalti lawan. (rr)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here