Bagikan
Kapolres Wonosobo sedang menyerahkan anugerah PWI Award kepada Agus L Tjugiyanto. Foto : Muharno Zarka

WONOSOBO – Lima tokoh inspiratif Wonosobo dari berbagai bidang menerima penghargaan PWI Award dari Perwakilan PWI Kabupaten Wonosobo. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan dalam puncak acara perhelatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar di Gedung Sasana Adipura Kencana setempat, Sabtu (16/2) malam.

Lima tokoh inspiratif yang mendapat anugerah PWI Award antara lain, Utiyah (pengasuh pondok pesantren orang gila asal Wadaslintang), Agus L Tjugiyanto (pegiat dan pengembang dunia pariwisata), Agung Wieratno (fotografer profesional), Barnawi (pencetus musik tradisional bundengan), dan Sayiful Rohman (penyandang disabilitas sekaligus musisi).

Selain memberikan penghargaan PWI Award kepada tokoh inspiratif, PWI Wonosobo juga memberikan penghargaan sahabat wartawan kepada Bupati Eko Purnomo, Ketua DPRD Afif Nurhidayat, Kapolres Abdul Waras, Dandim Fauzan Fadli dan Kepala Bank Jateng Wahyu Wibowo.

Ketua PWI Perwakilan Wonosobo, Edy Purnomo mengatakan pemberian penghargaan kepada Forkompinda Plus dilakukan lantaran kelima pejabat di atas selama ini pembuka kran keterbukaan informasi kepada insan pers.

“Di luar itu, mereka juga mendukung program PWI dalam peningkatan program pendidikan dan kualitas wartawan”, katanya.

Sementara itu, Bupati Eko Purnomo Eko Purnomo, menyampaikan ucapan selamat terhadap PWI Perwakilan Wonosobo yang tengah menggelar acara peringatan HPN dan memberikan anugerah PWI Award serta penghargaan sahabat wartawan kepada unsur Forkompinda.

Menurut Eko Purnomo di era milenial ini informasi di dunia maya bertebaran di mana-mana melalui media sosial. Informasi tersebut kadang masih banyak yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sehingga berita hoax (bohong) bisa menjadi menu sehari-hari masyarakat.

“Melalui HPN, saya berharap informasi yang disajikan media mainstream (media arus utama) oleh wartawan bisa menjernihkan informasi hoax yang ada di media sosial”, katanya.

Dalam rangkaian peringatan HPN ke 73 dan HUT PWI tahun 2019, selain menggelar anugerah PWI Award, juga dilakukan gowes religi, lomba mewarnai bagi siswa SD, donor darah, lomba vlog, pentas seni dan pertandingan persahabatan futsal antara tim futsal Forkompinda dengan tim futsal PWI Perwakilan Wonosobo.

Suarabaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here