Bagikan
Carles Alena/dok

BARCELONA – Kurang garang, dan serangan tidak berjalan dengan baik. Itu gambaran saat Barcelona hanya menang 1-0 atas Real Valladolid dalam lanjutan Liga Primera Spanyol (La Liga) di Camp Nou, Minggu (17/2) dini hari WIB. Gol tunggal La Blaugrana dihasilkan melalui penalti Lionel Messi pada menit ke-43. Sayang, pasukan tuan rumah kurang garang. Aliran serangan kurang cepat sehingga lawan mampu mengantisipasi. Padahal, Barca sangat mengendalikan permainan. Messi dan kolega punya penguasaan bola 61 persen. Los Cules juga memiliki delapan tembakan mengarah ke gawang.

Pelatih Barca Ernesto Valverde mengakui skuadnya tampil di bawah standar. Serangan kali ini kurang mengalir. ”Kami tak mengalirkan bola secepat yang harus kami lakukan. Kami mesti lebih memacu diri,” ujar Valverde. Dia menegaskan semua hal diukur dengan hasil akhir. Banyaknya peluang pun menjadi sia-sia jika tidak menghasilkan gol.

Kendati cuma menang tipis, Los Azulgrana tetap nyaman di puncak klasemen. Klub Catalan sekarang unggul sembilan poin selepas Real Madrid ditumbangkan Girona 1-2. Madrid harus turun ke posisi ketiga, dan urutan kedua ditempati Atletico Madrid. Penilaian Valverde pun diamini bek tengah Gerard Pique. Gol Messi bermula dari pelanggaran terhadapi Pique di kotak terlarang.

Menurut mantan pemain belakang Manchester United itu, timnya bermain di bawah form. Dia menilai rekan-rekannya tak bermain dengan cair seperti biasanya. “Kami bukan tim yang kami inginkan, tapi yang baik adalah kami memenangi pertandingan,” tutur Pique. Dia lalu menambahkan, ”Kami harus berkembang dan menjadi lebih baik. Atau, kami akan memiliki waktu yang buruk pada Selasa (melawan Lyon di Liga Champions).”

Ada satu hal menarik pada partai ini. Valverde berani menurunkan Carles Alena. Gelandang 21 tahun menjadi starter menemani dua pemain senior, Sergio Busquets dan Arturo Vidal. Alena menggantikan Ivan Rakitic yang baru dimasukkan pada babak kedua. Performa gelandang muda ini terbilang oke. Dia berani menahan bola, punya kemampuan mengumpan, dan memiliki mobilitas tinggi. (rr)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here