Bagikan
Kapolres bersama anggota Babinsa TNI Desa Ngembak melakukan pengecatan ulang pos kamling milik warga. Foto: hana Eswe

GROBOGAN- Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq terlihat mengibaskan kuas yang telah disapukan dari dalam cat kaleng warna merah. Kuas tersebut disapukan ke sudut tembok pos kamling yang berada di Desa Ngembak, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kepada warga Desa Ngembak yang mempunyai kesadaran dalam menjaga keamanan lingkungan melalui adanya pos keamanan tersebut.

Untuk lebih meningkatkan kesadaran warga dalam berjaga kamling, mereka dengan suka rela merenovasi Pos Kamling tersebut. Renovasi tersebut dilakukan dengan cara mengecat ulang tembok pos tersebut sehingga kesempatan ini tidak disia-siakan Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq. Didampingi Kapolsek Purwodadi AKP Sugiyanto dan anggota personilnya, Kapolres ikut membantu warga mengecat ulang pos tersebut.

Menurut Kapolsek Purwodadi AKP Sugiyanto, kegiatan renovasi pos kamling ini didasarkan atas instruksi Kapolres Grobogan yang mendorong dihidupkannya kembali Pos Kamling sebagai pos ronda untuk keamanan lingkungan. “Makanya, saat warga punya semangat, itulah yang wajib kami dukung,” ucap AKP Sugiyanto, Jumat (15/2).

Di samping itu, lanjut AKP Sugiyanto, kesadaran masyarakat tentang pentingnya keamanan secara swadaya inilah yang harus dihargai. Sebab, apa yang mereka lakukan tersebut sangat membantu tugas utama polisi dalam rangka menjaga Kamtibmas. “Kalau ada warga yang punya kesadaran untuk menjaga keamanan secara mandiri, itu sangat bagus dan kita bisa bersinergi,” tambah AKP Sugiyanto.

Sementara itu, Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi motivasi dan menumbuhkan kesadaran serta kepedulian warga masyarakat agar terlibat dalam pelaksanaan pengamanan swakarsa.

Selain itu, pihaknya berpesan agar warga menjadikan keamanan sebagai kebutuhan sehingga pelaksanaan Pos Kamling ini dapat berlangsung tanpa adanya paksaan dan dengan adanya kesadaran, mereka dapat menjadi polisi bagi diri sendiri.  “Kepolisian akan selalu siap memberikan bantuan dan pelayanan apabila dibutuhkan. Silahkan hubungi anggota Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat,” tutup Kapolres.

Suarabaru.id/hana Eswe

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here