Bagikan
Luis Suarez/dok

BARCELONA – Jika menghitung semua kompetisi, Barcelona sudah tak menang dalam tiga laga terakhir tanpa putus. Namun, La Blaugrana punya kesempatan mengakhiri frustrasi ketika menjamu Real Valladolid dalam lanjutan Liga Primera Spanyol (La Liga) di Camp Nou, Minggu (17/2) dini hari WIB. Di La Liga, Barca ditahan imbang Valencia dan Athletic Bilbao. Los Cules juga harus puas dengan hasil seri saat bersua Real Madrid pada semifinal leg pertama Copa del Rey. Hasil-hasil kurang meyakinkan itu membuat Los Azulgrana kini hanya unggul enam poin di atas rival abadi, Real Madrid. Lawan Valladolid merupakan peluang terbaik bagi Lionel Messi dan kolega untuk kembali ke jalur positif.

Klub Catalan tengah bungah setelah kontrak pelatih Ernesto Valverde diperpanjang. Pria 55 tahun itu diikat kontrak hingga akhir musim 2019-2020. Sebelumnya, masa depan eks entrenador Athletic Bilbao ini dispekulasikan selepas belum adanya kesepakatan terkait kontrak anyarnya. Berita gembira ini tentu ingin dilanjutkan dengan kemenangan di lapangan. Valverde dipastikan menurunkan skuad terbaik. Ousmane Dembele yang kembali fit akan diturunkan mengisi lini depan bersama Messi dan Luis Suarez. Suarez, yang belakangan ini menurun, bakal habis-habisan untuk menambah pundi-pundi golnya. Dia baru mengemas 15 gol, atau tertinggal enam gol di belakang Messi yang memimpin daftar top scorer.

Dari rekor pertemuan, La Blaugrana unggul telak. Dari 10 duel terakhir melawan Pucela di La Liga, Messi dan kawan-kawan menang sembilan kali dan hanya kalah satu kali. Hanya, mereka juga harus membagi fokus meladeni tuan rumah Lyon pada babak 16 besar leg pertama Liga Champions, Rabu (20/2) dini hari WIB. ”Kami masih nyaman, tapi kali ini tidak boleh kehilangan angka lagi,” ungkap Valverde.

Di kubu Valladolid, pelatih Sergio Gonzalez mendeklarasikan kebangkitan. Dalam dua partai terkini di La Liga, Pucela ditahan Villarreal 0-0 dan kalah telak 0-4 dari Huesca. Gonzalez, mantan gelandang top Deportivo La Coruna, menyiapkan skema 4-3-3. Dia menyadari Barca unggul segala-galanya. Karena itu, timnya berusaha bertahan dengan baik dan menjadikan serangan balik sebagai senjata untuk mencuri gol.

Pucela mengandalkan trio penggempur yang terdiri atas Keko, Sergi Guardiola, dan Toni Villa. Ketiganya akan disokong tiga gelandang Michel, Ruben Alcaraz, dan Borja Fernandez. ”Kami mesti memiliki motivasi tinggi untuk bisa mencetak gol lagi. Kami sudah puasa gol dalam dua pertandingan beruntun,” tutur Gonzalez. (rr)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here