blank
Hugo Lloris/dok

LONDON – Tottenham Hotspur akan menjalani laga berat saat menjamu Borussia Dortmund pada babak 16 besar <I>leg<P> pertama Liga Champions di Stadion Wembley, London, Kamis (14/2) dini hari WIB. Hugo Lloris, kapten Tottenham, berharap tuah Wembley membantu timnya untuk meraih hasil positif. Duel ini diprediksi berlangsung sengit, karena kedua klub sama-sama sedang melambung di kompetisi domestik. Spurs kini menempati peringkat ketiga Liga Primer Inggris di bawah Manchester City dan Liverpool. Sementara Die Borussen memuncaki klasemen Liga Jerman.

”Dortmund memainkan sepak bola yang fantastis. Mereka memiliki begitu banyak pemain hebat, dan saya tidak terkejut mereka berada di puncak klasemen Bundesliga Jerman,” ujar Lloris. Dia juga memuji kinerja Lucien Favre, pelatih Dortmund. Spurs perlu meningkatkan performa jika ingin mengatasi permainan Mario Goetze dan kawan-kawan. Loris berharap tuah Wembley bisa membantu mereka menjungkalkan Dortmund. Dukungan fans diyakininya bisa memberi kekuatan bagi skuad The Lillywhites. Wembley pernah membawa mimpi buruk untuk Die Borussen saat kalah dari Bayern Munich pada final Liga Champions 2013.

Kami membutuhkan penonton di stadion untuk menyemangati dan membantu kami, meski kadang Wembley justru menyulitkan kami,” jelas Loris. Ketika menjamu Dortmund, Wembley kembali ke kapasitas maksimalnya, yakni 90.000 penonton. Harapan Lloris terkait dukungan dari suporter sepertinya bakal terwujud. Manajer Spurs Mauricio Pochettino kemungkinan menerapkan skema 3-5-2. Tombak kembar dipercayakan pada Fernando Llorente dan Son Heung-min.

Di kubu pasukan tamu, pelatih Lucien Favre minus kapten Marco Reus. Gelandang serang itu bermasalah dengan otot dan mesti menepi selama 10 hari. Kehilangan Reus jelas merugikan. Sebab, musim ini dia merupakan salah satu top scorer klubnya. Absen pula bek tengah Manuel Akanji. Di jantung pertahanan Favre siap menduetkan Abdou Diallo dan Dan-Axel Zagadou. Tempat Reus digantikan Mario Goetze. Bersama Jadon Sancho dan Jacob Bruun Larsen, Goetze akan melapis striker Paco Alcacer. (rr)