Bagikan
SOSIALISASI: Anggota Komisi V DPR RI, Ir H Sudjadi, memberikan sosialisasi tentang Pancasila di balaidesa Menoreh, Salaman, Kabupaten Magelang, Sabru (9/2) sore

SALAMAN – Anggota Komisi V DPR RI, Ir H Sudjadi, mengatakan bahwa program berbasis kerakyatan dilakukan oleh pemerintah. Bentuknya, bantuan pemerintah dilaksanakan oleh rakyat dan terbuka untuk rakyat.

Dia mengemukakan hal itu dalam acara dengar pendapat dengan masyarakt sejumlah desa di Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Sabtu sore (9/2). Hadir dalam acara itu ratusan warga Desa Krasak, Kalirejo, Ngargoretno, Menoreh, Ngadirejo, dan Ngampeldento. Pada pertemuan itu dia mengupas Ketuhanan Yang Maha Esa dalam tatanan kehidupan yang berkeadilan sosial.

Pada kesempatan yang sama dia memaparkan bantuan pemerintah untuk desa-desa di wilayah Salaman. Utamanya bantuan atas hasil jerih payah dia memperjuangkan di tingkat Pemerintah Pusat. Semula pengajuan bantuannya hanya menggunakan proposal sederhana yang diajukan oleh kepala desa, atas masukan dari warganya.

Disebutkan, Desa Kalirejo pernah mendapat bantuan lembu. ”Sekarang lembunya masih apa tidak. Semoga saja masih ada dan sudah berkembang,” katanya.

Untuk desa tersebut, kata dia, tahun ini akan mendapat bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS). Maka warga desa itu wajib bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada pemerintah. ”Sempurnanya ibadah kepada Tuhan kalau berterimakasih kepada yang membawa bantuan. Bersyukur itu wajib,” katanya.

Selebihnya dipaparkan bantuan untuk Desa Ngampeldento yang tahun 2018 dan 2019 mendapat bantuan BSPS. Untuk Desa Krasak pernah mendapat BSPSĀ  untuk 30 warga setempat. Tahun ini juga akan mendapat bantuan yang sama, masing-masing Rp 17,5 juta.

”Desa Ngadirejo dan Ngargoretno butuh BSPS apa tidak. Kalau butuh kapan-kapan nemui saya. Kalau tidak butuh akan saya pindah untuk desa lain,” guraunya.

Kepala Desa (Kades) Menoreh Sutedjo mengatakan, tahun 2014 desa itu mendapat bantuan Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (Pisew), tahun 2015 pembangunan irigasi, tahun 2016 dan 2017 BSPS, tahun 2018 drainase dan Pisew, tahun ini BSPS dan pengairan. ”Mewakili warga saya sangat berterima kasih atas kemauan Pak Jadi memperjuangkan kepentingan rakyat,” katanya. (ach)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here