blank
Agustina Sari, atlet Blora yang kini masuk tim Pelatnas Olimpiade 2020 Tokyo Jepang. foto : Ist/

BLORA– Atlet panjat tebing Blora, Agustina Sari, berpeluang tampil di Olimpiade 2020 di Jepang.Peluang terbuka lebar,  setelah namanya masuk dalam daftar atlet yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas), di Jakarta.

‘’Surat pemberitahuan nama-nama pemanjat tebing yang masuk pelatnas Olimpiade 2020,  tertera nama Agustina Sari,’’ jelas Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Blora H. Nur Fatoni, Jumat (8/2).

Masuknya Agustina Sari dalam daftar tim pelatnas tertera di Surat Keputusan (SK) Nomer 3417/SKP/PP-NAS/II/2019 tentang Atlet Pelatnas 2019 tertanggal 1 Februari, ditandatangani Ketua Umum Pengurus Pusat FPTI, Faisol Riza. Tim Pelatnas diperkuat 10 orang atlet yang terdiri lima putra dan lima putri.

Atlet teesebut adalah Temi Teli Lasa (Bali), Aspar Jaelolo (Jakarta), Fathur Roji (Jawa Timur), Alfian M Fajri (Jawa Tengah), dan Rivaldi Ode Wijaya (Bali), Nurul Iqomah (Nusa Tenggara Barat).

Aries Susanti Rahayu (Jawa Tengah), Agustina Sari (Jawa Tengah), Salsabillah (Jawa Barat) dan Chairul Ummi (Jawa Timur).

‘’Kami bangga, salah seorang atlet Blora masuk tim pelatnas Olimpiade. Semoga Agustina Sari meraih prestasi terbaik,’’ kata Nur Fatoni.

blank

Di Jepang

Agustina sebelumnya pernah bergabung dengan tim pelatnas Asian Games 2018 panjat tebing Indonesia mulai Januari 2018.

Namun saat berlaga di Asian Games 2018 di Palembang, tim beregu yang diperkuat Agustina Sari tersingkir di babak semifinal.

Di luar Asian Games, Agustina Sari pernah menyabet dua perak di kejuaraan dunia di International Federation of Sport Climbing (IFSC) Climbing World Cup di Tai’an, China, 13 Mei 2018.

Di kejuaraan The Belt and Road International Climbing Master Tournament 2018 di Wanxianshan, China, pada 13-14 Oktober.

Prestasi terbaik yang pernah diraih atlet dari Kota Sate,  Blora,  adalah meraih medali emas di kejuaraan panjat tebing Asian Championship 11 November 2018 di Jepang.

Emas yang  direbutnya merupakan medali emas pertama baginya di level internasional.

Hebatnya lagi, Agustina Sari berhasik meraih emas setelah mengalahkan rekan senegaranya, yakni Aries Susanti Rahayu,  yang pernah mendapat emas di Asian Games 2018. (suarabaru.id/Wahono)