Usai jalan sehat warga menikmati suguhan pertunjukan musik di kawasan pabrik Semen Gresik. Foto: Humas SG

REMBANG – Sekitar 1.500 warga dan pelajar dari Kecamatan Gunem dan Bulu Kabupaten Rembang memeriahkan kegiatan Senam dan Jalan Sehat dalam rangka HUT ke-5 Semen Gresik, Kamis (7/2) pagi. Selain mendekatkan hubungan warga sekitar dengan Semen Gresik, kegiatan ini diharapkan juga mampu memberi gambaran tentang kondisi perusahaan persemenenan terkemuka ini yang bersih, hijau dan ramah lingkungan.

Sejak pagi, ribuan warga mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa baik laki-laki maupun perempuan sudah berkumpul di kawasan lapangan parkir timur Semen Gresik Pabrik Rembang. Sebelum jalan sehat, peserta diajak mengikuti gerakan senam yang dipandu instruktur. Sekitar pukul 07.00 WIB, ribuan peserta jalan sehat dilepas langsung oleh Direktur Utama PT Semen Gresik Mukhamad Saifudin.

Dari titik start di lapangan parkir timur, ribuan peserta mengarah menuju pos pintu keluar. Setelah itu mengarah Pertigaan Pasucen – belok barat menuju Pertigaan Jalan Produksi putar balik ke arah timur menuju lokasi pabrik. Ribuan peserta melewati sejumlah rute. Terdiri dari tiga pos. Rinciannya, pos 1 untuk mengambil kupon, pos 2 pengumpulan kupon dan pos 3 penukaran konsumsi.

Total panjang jalan yang dilalui ribuan peserta jalan sehat sekitar 5 kilometer. “Kesehatan adalah modal utama segala aktivitas. Dan jalan sehat ini merupakan olahraga yang mudah dan murah. Kegiatan ini sekaligus untuk mengkampanyekan hidup sehat sehingga kita bisa melakukan berbagai aktivitas dengan maksimal,” kata Direktur Utama PT Semen Gresik Mukhamad Saifudin, Kamis (7/29).

Menurut Mukhamad Saifudin, kegiatan senam dan jalan sehat memang sengaja digelar di kawasan pabrik Rembang. Pihaknya berharap agar warga bisa melihat dan mengetahui secara langsung kondisi pabrik Semen Gresik yang bersih, hijau dan ramah lingkungan. Ujung dari proses ini diharapkan warga tidak mudah terpengaruh dengan informasi tak bertanggung jawab yang disebarkan pihak-pihak tertentu.

blank
Seorang warga yang beruntung mendapayykan undian dan menerima hadiah dalam acara jalan sehat keliling pabrik Semen Gresik. Foto: Humas SG

“Silakan dilihat sendiri. Karena menjadi perusahaan industri hijau yang ramah lingkungan adalah komitmen Semen Gresik,” jelasnya. Menurut Mukhamad Saifudin, PT Semen Gresik Pabrik Rembang bisa berdiri dan beroperasional berkat dukungan dari berbagai elemen masyarakat. Setiap tahun, Semen Gresik juga terus tumbuh dan berkembang. Sebagai BUMN, keuntungan yang diperoleh akan kembali kepada negara. Pihaknya berharap kegiatan senam dan jalan sehat ini kian mendekatkan hubungan antara Semen Gresik dengan warga sekitar perusahaan. Sebab Semen Gresik ingin terus tumbuh dan berkembang serta bermanfaat untuk masyarakat.

“Tiap tahun Semen Gresik mengucurkan dana CSR hingga miliaran rupiah. Progam itu untuk berbagai kegiatan mulai dari pendidikan, kesehatan, RTLH hingga pemberdayaan masyarakat,” jelasnya. Rampung jalan sehat, para peserta dihibur dengan beragam hiburan. Di sela-sela itu, dilakukan pengundian doorprize yang jika dinominalkan mencapai jutaan rupiah. Panitia menyediakan beragam hadiah menarik mulai dari laptop, sepeda gunung, televisi, kulkas, kipas angin, tas sekolah dan lain sebagainya. Dan setelah pengundian, warga yang beruntung mendapat doorprize utama berupa laptop adalah Sukran warga Desa Kajar Kecamatan Gunem, Rembang. “Maturnuwun Semen Gresik. Hadiah ini sangat berarti bagi saya dan keluarga,” tandas Sukran.

suarabaru.id/Tony RS