blank
Panitia seleksi ketika menyerahkan hasl seleksi calon sekda kepada Wali kota Magelang Sigit Widyonindito (baju putih) pada 17 Desember 2018, (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG- Siapa yang nantinya ditetapkan menjadi Sekda Kota Magelang sepenuhnya ditangan Wali Kora Sigit Widyonindito. ‘’Yang jelas tahun ini sudah ada Sekda Kota Magelang definitif,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang, Aris Wicaksono, kemarin.

Menurutnya, calon yang diajukan kepada wali kota tetap tiga seperti hasil keputusan panitia seleksi (pansel) calon sekda Kota Magelang pada 17 Desember 2018.

‘’Sudah ada persetujuan dari Gubernur Jateng dan sudah mendapat rekomendasi untuk pelantikan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN). Jadi tetap tiga besar dan saat ini sudah ditangan Pak Wali,’’ terangnya.

Ketiga calon sekda tersebut adalah Deddy Eko Sumarwanto, Pengawas Pemerintah Madya Kota Magelang. Berikutnya Joko Budiyono, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Kota Magelang. Selanjutnya, Larsita Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Magelang.

‘’Penetapan itu bukan berdasarkan hasil seleksi, tetapi urutan abjad,’’ tutur Aris.

Lolosnya ketiga calon sekda itu dimuat dalam Pengumuman Nomor 15/PANSEL-JPT/XII/2018 yang ditandatangani Ketua Pansel Mohammad Arief Irwanto pada 17 Desember 2018.

Arief dalam pengumuman itu menerangkan, penetapan ketiga calon sekda itu berdasarkan hasil penilaian administrasi, uji kompetensi menggunakan assessment center, uji gagasan tertulis, presentasi dan wawancara yang dituangkan dalam berita acara.

‘’Keputusan panitia seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Hasil seleksi ini disampaikan melalui alamat website http://bkpp.magelangkota.go.id,’’ terangnya.

Seperti diketahui, empat calon Sekda Kota Magelang yang mengikuti seleksi adalah Joko Budiyono Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Kota Magelang, Larsita Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Magelang, Arif Barata Sakti Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang, dan Deddy Eko Sumarwanto Pengawas Pemerintah Madya Kota Magelang.

Sedang pansel terdiri lima orang, diketuai Mohammad Arief Irwanto Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jateng yang juga merangkap anggota.

Anggota lainnya adalah Anjaswari Dewi Kepala Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta. Eko Muh Widodo Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang. Sukarno Dekan FKIP Universitas Negeri Tidar dan Marsda TNI (Purn) Gadiono tokoh masyarakat Kota Magelang. (Suarabaru.id/dh)