blank
Rumah Sakit Amal Sehat di Slogohimo, Wonogiri. foto: dok

WONOGIRI-Warga Kabupaten Wonogiri wilayah Timur, kini tidak bisa lagi menggunakan fasilitas BPJS bila berobat ke RS Amal Sehat di Kecamatan Slogohimo. Padahal, biasanya rumah sakit tersebut melayani BPJS untuk masyarakat yang tinggal di wilayah Kecamatan Kismantoro, Purwantoro, Bulukerto, Puhpelem, Slogohimo sendiri, Jatisrono dan Kecamatan Jatipurno.

‘’Jadi,  yang biasanya  dilayani RS Amal Sehat, kini dirujuk ke rumah sakit lain, sesuai arahan dokter yang membuat rujukan, atau pasien dipersilahkan memilih rumah sakit lain yang bisa melayani BPJS. Hal itu dilakukan karena per januari 2019 ini RS Amal Sehat tidak bisa melayani pasien BPJS karena ada peryaratan administrasi rumah sakit yang tidak bisa terpenuhi, guna melakukan kerjasama dengan BPJS. Kalau syarat adminsitrasi terpenuhi, kerjasama akan kembali berjalan seperti biasanya,’’ kata Adhi Dharma, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, Kamis (3/1).

Walau RS Amal Sehat sementara tidak dapat melayani pasien BPJS, namun Adhi Dharma menegaskan masyarakat tidak perlu cemas, lantaran dokter akan mengharahkan ke rumah sakit terdekat yang bisa melayani BPJS. ‘’Menurut data yang saya terima, setelah RS Amal Sehat ditutup, sudah ada 15 pasien yang dirujuk ke Kabupaten Ponorogo, Jatim. Dirujuk ker rumah sakit di wilayah Wonogiri enam pasien dan yang dirujuk ke Solo ada lima pasien.

Dijeloaskan pula, mulai satu Januari 2019, ada dua rumah sakit yang kembali melayani pasien BPJS. ‘’ beberapa bulan lalu, RS medika Mulya dan RS Marga Husada, juga sempat terhenti melayani pasien BPJS karena tidak dapat terpenuhinya kelengkapan administrasi rumah sakit. Karena sekarang pihak rumah sakit sudah bisa melengkapi persyaratan yang kurang, kerjasama BPJS kembali berjalan (suarabaru.id/edi)