blank
Anjing pelacak dari Unit K-9 Polres Wonogiri, ikut dilibatkan dalam upaya melakukan sterilisasi gereja yang akan dipakai untuk misa kebaktian dan perayaan Natal 2018.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Tim gabungan Polres Wonogiri pimpinan Kapolres AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, menurunkan pula anjing-anjing pelacak dari unit K-9 dan membawa kelengkapan alat metal detector, untuk melakukan strerilisasi gereja. Langkah ini dilaksanakan, dalam upaya memberikan jaminan keamanan kepada para umat Kristiani, yang melakukan misa kebaktian dan serangkaian kegiatan liturgi perayaan Natal 2018.

Tempat ibadah umat Kristiani yang disterilisasi oleh tim gabungan Polres Wonogiri, meliputi Gereja Kristen Jawa di Kota Wonogiri yang berlokasi di Lingkungan Sanggrahan dan di Kelurahan Wonokarto. Kemudian di Gereja Kristen Indonesia (GK) di Jalan Pelem, Gereja Katolik Santo Yohanes Rasul di Jalan Murtipranoto sisi timur laut Kantor Bupati Wonogiri, dan di Gereja Bethel Indonesia Tiberias. Untuk sterilisasi gereja-gereja yang kedudukannya di berbagai ibukota kecamatan lain di luar Kota Wonogiri, dilakukan oleh masing-masing jajaran Polsek setempat.

Bersamaan itu, tim juga melakukan upaya sterilisasi pengamanan di sejumlah obyek vital (Obvit) seperti  Stasiun KA, terminal bus, terminal angkudes dan terminal angkot, kantor-kantor perbankan dan pertokoan termasuk toko ema, dan pasar sebagai pusat perniagaan masyarakat. Upaya pengamanan dengan melakukan sterilisasi gereja dan obvit ini, dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan. Utamanya terhadap kemunculan gangguan Kamtibmas dari pihak-pihak yang berkeinginan mengacaukan suasana perayaan Natal.
Unit-unit satuan yang terlibat dalam tim gabungan pengamanan Natal, terdiri atas parapersonel Sabhara, Dalmas, bersama unit lain. Khusus untuk unit K-9, yang menyertakan anjing pelacak, melibatkan Brigadir Rangga dan Briptu Andi, sebagai personel yang berkemampuan pawang anjing pintar, dengan membawa serta anjing Delly, Labrador dan Male.

Kapolres AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Wakapolres Kompol A Aidil Fitri Syah, bersama para Kabag dan Kasat, Senin siang (24/12), juga memimpin patroli pengecekan persiapan perayaan Natal 2018 ke Geraja Santo Yohanes Rasul Wonogiri, Gereja Paroki Santo Yusuf di Kecamatan Baturetno, Gereja Santo Ignatius Danan di Kecamatan Giriwoyo, dan Gereja Santo Petrus di Kecamatan Pracimantoro.  Sejumlah gereja ini memiliki jumlah umat yang banyak. Kapolres dalam kesempatan ini, sekaligus juga memberikan arahan dan melakukan koordinasi dengan pengurus dan pemuda di masing-masing gereja, dalam upaya membangun kebersamaan untuk mewujudkan siatuasi Kamtibmas yang kondusif, aman dan nyaman. Utamanya untuk mengantisipasi terhadap ancaman teror dari pihak intoleransi.(suarabaru.id/bp)