blank
SARPRAS : Usai apel Siaga 24 Jam, karyawan PT PLN (Persero) UP3 Kudus di Lapangan Golf Mustika Blora, dilakukan pengecekan sarpras pendukung tim tehnis masing-masing rayon. Foto : Wahono

BLORA PT PLN (Persero) Area Kudus wilayah kerja Rayon Blora serta Cepu, menyiapkan Tim Siaga 24 Jam untuk konsentrasi penyediaan listrik Natal 2018, dan perayaan pergantian tahun baru 2018-2019.

Kesiapan laqin, telah dipilih sedikitnya 70 personil yang bersiaga (standby) di pos pelayanan (Posyan) yang ada di Rayon Blora dan Rayon Cepu, termasuk kesiapan perangkat travo emergency.

“Tim Siaga 24 Jam sudah sudah siap, ditandai dengan apel gelar pasukan dan gelar peralatan,” beber Manager PT PLN (Persero) Rayon Blora, Mahfud Sungadi.

Apel kesiapan yang digelar dua hari di Lapangan Golf Mustika, Kota Blora, lanjutnya, diikuti seluruh karyawan PT PLN (Persero) UP3 Kudus dari Rayon Blora, Rembang dan Cepu.

Khusus untuk Rayon Blora, lanjut Mahfud, persiapan sudah dimulai jauh-jauh hari dengan melakukan pengecekan fasilitas jaringan, dan  langkah-langkah perawatan rutin untuk antisipasi gangguan.

“Kesiapan Tim Siaga 24 Jam, tidak hanya siap di hari kerja, pada Minggu dan hari libur nasional tetap siaga,” tambah Mahfud Sungadi.

Tentunnya para petugas tehnis tidak hanya konsentrasi untuk Natal dan tahun barunan, perawatan rutin jaringan juga terus berjalan untuk antisipasi segala gangguan di musim penghujan.

Zero Accident

Menurutnya, wilayah PLN Raron  Blora dan Cepu, menjadi perhatian khusus PT PLN (Persero) Area Kudus, karena dua wilayah kerjanya termasuk kawasan rawan gangguan jaringan.

Gangguan sering terjadi tidak hanya pada saat hujan angin siang hari, tengah malam juga sama, terutama gangguan akibat pohon tumbang, dan ranting putus karena angin di kawasan hutan jati.

Khusus pergantian tahun, biasanya masyarakat merayakannya dengan berbagai kegiatan, karena itu pihaknya melakukan langkah-langkah preventif pengecek jaringan, lanjutnya.

“Pokoknya kami lakukan yang terbaik, ini demi pelayanan dan ketersediaan listrik untuk masayarakat,” tandasnya.

Langkah yang sama jelang Natal dan pergantian malam tahun baru 2018-2019 juga di dilakukan pihak PT PLN Rayon Cepu. Menurut Kepala PT PLN Rayon Cepu, M. Alwi Sofian, kini fokus pengecekan dan perawatan rutin jaringan.

Apapun kondisinya, kata Alwi, panggilan familier M. Alwi Sofian, pihaknya siap menjalankan program hadirkan langkah nyata (HLN), dengan target zero inccident dan jaringan handal melalui condition base maintenance (CBM).

Diakuinya, tugas kapangan cukup berat, karena sudah menjadi tanggungjawabnya, petugas harus siaga penuh (bergiliran) tidak hanya pada hari kerja selama 24 jam, tapi juga pada Minggu dan libur nasional.(suarabaru.id/wahono)