blank
Inilah denah Semarang 10 K

SEMARANG- Semarang 10K  Minggu pagi ini siap dilaksanakan di Kota Semarang dengan mengambil start di Jl. Pemuda depan balaikota Semarang. Jauh sebelum hari H pelaksanaan, lari maraton dengan rute sepanjang 10,16 km ini telah berhasil menyedot antusiasme para runners atau pelari dari berbagai penjuru wilayah baik nasional mau pun internasional. Terbukti dari website resmi Semarang 10K, target peserta sebanyak 3.500 orang telah terpenuhi.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi), pun meminta seluruh warga Kota Semarang untuk ikut mendukung dan menyukseskan Semarang 10K. Menurut Hendi, Semarang 10K juga menjadi ajang promosi wisata yang sangat penting bagi Kota Semarang mengingat acara ini mendatangkan para pelari baik nasional mau pun internasional. Karenanya, Hendi meminta agar warga Kota Semarang dapat memberikan keramahan dan kenyamanan sebagai penyambutan terbaik pada para pelari.

blank
Walikota Semarang Hendrar Prihadi didampingi Liem Chie An saat Laounching Semarang 10 K

Tak hanya Semarang 10K, di hari yang sama, Kota Semarang juga menyambut tamu-tamu asing yang menghadiri perhelatan wisata budaya Semarang International Folklore (SIF) Festival. Berbagai agenda wisata ini diharapkan Hendi mampu menjadi ajang promosi wisata Kota Semarang yang tentunya memberikan hasil positif bagi pergerakan ekonomi di Kota Semarang.

“Agendanya sudah kita siapkan sebaik mungkin, harapannya warga masyarakat dapat ikut mendukung, menyukseskan agenda-agenda wisata yang ada dengan cara memberikan keramahan, kehangatan khas Kota Semarang kepada para tamu. Sehingga mereka akan semakin tertarik dan terikat untuk kembali datang di kota tercinta ini,” pesan Hendi.  

Menyambut runners Semarang 10K yang akan berpartisipasi pada Minggu ini, Pemerintah Kota Semarang terus melakukan persiapan guna memberikan penyambutan terbaik. Tak hanya dari sisi infrastruktur jalan yang akan dilalui para pelari, persiapan juga dilakukan dari sisi hiburan dan atraksi seni budaya.

Di sepanjang rute yang dilalui, para pelari Semarang 10K akan disuguhkan atraksi budaya khas Indonesia yang ada disiapkan pada beberapa etape. Pada kilometer 2 peserta akan disuguhkan sajian Tari Kuntulan. Setelahnya, di kilometer 4 peserta juga akan dihibur oleh sajian Drumblek. Selanjutnya, di Kilometer 7, 8, dan 9 akan disajikan atraksi budaya seperti Reog Jalan Blarak, Gambang Semarang, dan Pertunjukan Musik Angklung.

Semarang 10K, akan mengambil titik start dan finish di Jalan Pemuda depan Balai Kota Semarang. Untuk kelancaran dan kenyamanan para pelari, akan dilakukan penutupan sementara mulai pukul 06.00 hingga 08.30 WIB pada sejumlah ruas jalan yang dilalui para pelari Semarang 10K. Di antaranya, di Tugu Muda-JPO Hermina-Simpang Pekunden (McD)-Simpang Thamrin (KFC)-JPO HOM Hotel-Simpang Lima-Simpang Ahmad Yani (Pasar Tumpah & HAKA Hotel)-Beberapa simpang MT. Haryono dan dekat gereja-Simpang MT Haryono (Kartini)-Bundaran Bubakan-Simpang TL Agus Salim-Jalan Ronggowarsito dan dekat gereja-Simpang Pengapon-Simpang Kedasih-Jembatan Berok-Simpang Pasar Johar-Simpang Ace Hardware Gajah Mada-JPO BCA Pemuda-Simpang Paragon. Karenanya, diimbau kepada warga masyakat untuk mengindari lokasi tersebut untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas.

berikut titik cheering:

  1. depan Masjid Simpang Lima
  2. Sebelum toko roti Swiss
  3. Depan Galeri UMKM Kota Lama
  4. depan Gedung Pertamina
  5. Depan Gets Hotel
  6. Depan Klenteng Grajeng
  7. Depan SD Marsudi Rini
  8. Jalan Pandanaran (depan hotel Aston)
  9. Jl. A. Yani (Setelah RRI)
  10. Jl. MT Haryono (Depan Sumber Baru Ban)
  11. Jalann Pemuda (Gedung Papak)

Antisipasi kepadatan arus lalu lintas juga dilakukan dengan penyiapan kantung-kantung parkir di sekitar lokasi start da finish Semarang 10K. Di antaranya, di área parkir Paragon Mall, DP Mall, Dinas Pendidikan, BPJS Ketenagakerjaan, Bapeda Provinsi Jawa Tengah, Universitas Dian Nuswantoro dan jalan Sekayu Raya.(suarabaru.id/sl)