blank
Wali Kota Sigit Widyonindito memegang penghargaan yang diterima Balitbang Kota Magelang dari Kemenristekdikti, (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG- Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menetapkan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang sebagai BPPD (Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah) berkinerja utama dalam penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) 2018.

Penghargaan tersebut diserahkan Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, Patdono Suwignjo, kepada Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito dalam kegiatan Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan tahun 2018, di Serpong, kemarin.

Wali Kota Sigit Widyonindito sangat bersyukur dan bangga dengan penghargaan yang terus menerus diterima ‘Kota Sejuta Bunga’ tersebut. Pemerintah pun berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dengan melibatkan semua stakeholder.

‘’Kami sadar betul inovasi tidak hanya butuh keterlibatan pemerintah, tetapi juga masyarakat dan instansi terkait untuk memacu lahirnya inovasi-inovasi baru di Kota Magelang,’’ ucapnya.

Dia menegaskan, Pemkot Magelang tidak akan menutup mata atas raihan prestasi yang terus diperoleh Balitbang. Salah satunya dengan mengalokasikan anggaran yang selalu ada dalam APBD  khususnya untuk kegiatan penguatan inovasi.

‘’Balitbang sejauh ini sudah mendukung program Ayo Ke Magelang. Dibuktikan dengan banyaknya orang yang datang ke sini karena ingin belajar inovasi di Kota Magelang,’’ ungkapnya.

Bahkan, lanjut Sigit, Kemenristekdikti juga telah merekomendasikan kepada siapa saja yang ingin belajar inovasi di  Kota Magelang untuk datang langsung ke kota ini. Pemkot Magelang akan menyambut dengan tangan terbuka.

‘’Ke depan, kami akan mempercantik bangunan baru di Kantor Balitbang dan akan dijadikan tempat memamerkan inovasi-inovasi yang ada. Jadi orang tidak hanya mendengar gaungnya, tetapi melihat langsung hasil inovasi Kota Magelang,’’ terangnya.

Direktur Lembaga Litbang Kemenristekdikti, Kemal Prihatma mengemukakan,  apresiasi lembaga litbang ini merupakan rangkaian kegiatan untuk penguatan kelembagaan iptek tingkat nasional.

‘’Kegiatan ini merupakan suatu laporan pertanggungjawaban terhadap masyarakat kita. Dimana kita dituntut untuk memberikan kontribusi,’’ kata Kemal.

Dia menambahkan, dalam apresiasi ini Kemenristekdikti akan memberikan penghargaan kepada BPPD yang sudah berkiprah menjadi lembaga litbang terbaik, unggul dan telah mendapatkan akreditasi kelembagaan.  Juga kepada  teman-teman litbang industri yang memanfaatkan inovasi yang memiliki daya saing.

Kepala Balitbang Kota Magelang, Arif Barata Sakti mengatakan, Kemenristekdikti menunjuk Kota Magelang sebagai penerima penghargaan karena dinilai sudah memenuhi kriteria dari sisi kelembagaan dan pelaksanaan program kegiatan.

Menurutnya, kelembagaan Litbang di Kota Magelang dalam penguatan SIDa mampu secara konsisten bersama perangkat daerah terkait melaksanakan roadmap SIDa Kota Magelang yang bertema Industri Pariwisata Berbasis Tekhnologi dan Lingkungan Berkelanjutan. ‘’Bentuk penguatan SIDa difokuskan pada Kawasan Produksi Tahu di Tidar Campur,’’ tuturnya. (Suarabaru.id/dh)