blank
Meraih gelar juara pertama lagi. Demikian regu PKS Polsek Jatiroto dalam lomba PKS tingkat Polres Wonogiri Tahun 2018. Mereka foto bersama dengan Kapolsek Iptu Unggul Tri Wasisto (keempat dari kanan) dan Kasek SMK Negeri 1 Jatoroto, Gunarsi (kedua dari kiri) beserta para pelatih dan pembina.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Meraih lagi juara pertama lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Demikian regu PKS dari Polsek Jatiroto Polres Wonogiri, Minggu (25/11), ketika memgikuti lomba PKS tingkat Polres Wonogiri Tahun 2018. Lomba yang memperebutkan piala Kapolres ini, diikuti oleh 25 regu yang datang dari 25 Polsek se Wonogiri.

Sebagai regu yang tidak terkalahkan, prestasi PKS Polsek Jatiroto pimpinan Kapolsek Iptu Unggul Tri Wasisto ini, merupakan yang keduakalinya diraih secara berturut-turut dalam dua tahun terakhir ini. Sebab pada lomba PKS Tahun 2017 lalu, regu PKS Polsek Jatiroto yang personelnya terdiri atas para siswa SMK Negeri 1 Jatoroto asuhan Kepala Sekolah (Kasek), Gunarsi, ini juga meraih gelar juara pertama. ”Lama kami berlatih, sehari-hari anak-anak dilatih oleh personel dari Polsek Jatiroto bersama pembina Osis,” ujar Kasek SMK Negeri 1 Jatiroto, Gunarsi didampingi Wakasek Kesiswaan Maryono dan Guru Pembina Osis Bahrudin.

Lomba PKS dibuka resmi oleh Kapolres yang diwakili Wakapolres Kompol A Aidil Fitrisyah, dengan gelar upacara pembukaan di Alun-alun Giri Krida Bhakti Wonogiri. Selaku Inspektur Upacara, Wakapolres berkenan membacakan sambutan tertulis Kapolres AKBP Robertho Pardede. Tampil menjadi Perwira Upacara Kasat Binmas AKP Surono dan Komandan Upacara Iptu Hartoyo. Ikut hadir para Kapolsek se jajaran Polres Wonogiri, bersama Kasek dan perwakilan guru yang regunya maju lomba mewakili Polsek di daerahnya masing-masing.

Tim juri terdiri atas Ipda Pudyono dari Satlantas Polres Wonogiri, Koreografer Ludiro Pancoko dari Sanggar Tari Dharma Giri Budaya, dan Mulyadi mewakili Dinas Pendidikan (Disdik). Regu Polsek Jatiroto berhasil mengumpulkan nilai tertinggi, yakni sebanyak 1.503. Juara II Polsek Girimarto (1.458) dan juara III Polsek Wuryantoro (1.418). Kasat Binmas Polres Wonogiri AKP Surono dan Kasubag Humas Polres Kompol Hariyanto, menyatakan, untuk juara harapan I, II dan III masing-masing diraih regu PKS dari Polsek Pracimantoro, Wonogiri Kota dan Bulukerto.

Masing-masing regu terdiri atas 18 personel anggota PKS, berikut seorang tampil menjadi Komandan Regu (Danru) dan dua orang cadangan. Kriteria penilaian lomba yang dilakukan tim juri, meliputi aspek semangat, kerapian, seragam yang dikenakan, penjiwaan, kreasi, ketepatan waktu. Waktu yang diberikan untuk tampil dalam menyajikan baris-berbaris dan gerakan variasi, masing-masing minimal 10 menit dan maksimal 12 menit. Kapolsekta Wonogiri Kota, AKP Budiyono, memberikan apresiasi terhadap Kanit Binmas Aiptu Sukisno dan Brigadir Eko Yulianto yang mampu mengantarkan regu PKS dari MTs Negeri 1 Wonogiri, meraih juara harapan II.

Para murid yang berlatih menjadi anggota PKS, diharapkan dapat menguasai teknik dan cara pengaturan arus lalu lintas melalui isyarat tangan dengan benar. Dengan bekal yang mereka miliki, para anggota PKS diharapkan mampu mewujudkan Keamanan Keselamatan Ketertiban Kelancaran Berlalu Lintas (Kamseltibcarlantas) di sekolah masing masing. Mereka juga diharapkan mampu memberikan perannya untuk mencegah terjadinya perkelahian antarpelajar dan antarsekolah, pencegahan terjadinya main hakim sendiri, mencegah terjadinya pemaksaan kehendak, menjauhi miras dan penyalahgunaan narkoba, serta meredam hal-hal negatif yang dapat memicu kemunculan gangguan Kamtibmas. Utamanya di lingkungan sekolahnya masing-masing. ”Berikan contoh yang baik kepada rekan-rekan kalian dan hindari sikap arogan,” tegas Wakapolres Kompol A Aidil Fitrisyah.(suarabaru.id/bp)