blank
Kapolsek Bulukerto Polres Wonogiri, AKP Kukuh Wiyono (kanan), memberikan teguran sekaligus pembinaah penyuluhan kepada pelajar yang mengendaraai sepeda motor tidak mengenakan helm pengaman.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Kapolsek Bulukerto AKP Kukuh Wiyono, turun ke jalan memberikan pembinaan dan penyuluhan (Binluh) Keamanan Keselamatan Ketertiban Kelancaran Berlalulintas (Kaseltibcarlantas) dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Bersamaan itu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sertu Yoyok Sri Ariyanto, dari Koramil-11 Manyaran Kodim 0728 Wonogiri, menolong pengendara sepeda motor yang terjerumus ke dalam jurang.

Pertolongan kepada pemotor yang terjerumus ke dalam jurang, dilakukan Selasa (13/11), bersamaan ketika Babinsa Sertu Yoyok Sri Aryanto tengah dalam perjalanan pulang dari menghadiri upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh melalui Perwira Sandi Penerangan Kodim (Pasandipendim) Wonogiri Letda (Inf) Nurhadi, menyatakan, upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2018 digelar di Lapangan Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri.

Pulang dari upacara penutupan TMMD tersebut, Babinsa Sertu Yoyok Sri Ariyanto, kemudian melanjutkan kegiatan monitoring wilayah di desa binaannya, yaitu Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri. Di tengah perjalanan menuju desa binaannya tersebut, tepatnya di depan gerbang masuk Gunung Kotak, Dusun Sendang, Desa Kepuhsari, Sertu Yoyok mendengar suara mencurigakan seperti benda jatuh. Setelah dicek ke lokasi datangnya suara, mendapati ada seorang pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan, yakni terjerumus ke jurang dengan kedalaman 8 meter.

Babinsa Sertu Yoyok bergegas memberikan bantuan dengan cara turun ke dasar jurang. Ini dilakukan untuk membantu pengendara sepeda motor Darmo (58), petani asal Dusun Lemah Mendak, Desa Kepuhsari, yang mengalami kecelakaan tunggal terjerumus ke dalam jurang tersebut. Dengan memanggil warga sekitar, kemudian dilakukan evakuasi kepada korban dan motornya, untuk diangkat ke atas. Darmo, mengalami luka ringan lecet di bagian kening, hidung dan leher. Penyebab kecelakaan, diduga karena Darmo kesulitan mengendalikan sepeda motor yang dikendarainya.

Dari Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Kapolsek AKP Kukuh Wiyono, memberikan teguran peringatan dan pembinaan serta penyuluhan (Binluh) kepada para pelajar di bawah umur yang bersepeda motor tanpa mengenakan helm. Ini dilakukan berserta anggota yang bertugas melaksanakan pengaturan arus lalu lintas, bersamaan dengan datangnya keramaian hari pasaran. Kapolsek beserta jajarannya, juga melakukan pembinaan dan penyuluhan tentang pentingnya mewujudkan Kamseltibcarlantas, yang sekaligus dipadukan dengan pembinaan Kamtibas dalam upaya mencegah terjadinya tindak kriminalitas.(suarabaru.id/bp)