blank

SEMARANG-Dalam rangka meningkatkan jumlah publikasi di jurnal bereputasi, Unissula menyelenggarakan Workshop Academic Writing dengan tema “How to Write Review Paper to Publish in International Reputated Journals” belum lama ini  bertempat di FakultasTeknologi Industri.

Kegiatan yang diikuti 20 dosen terpilih dan merupakan program visiting professor ini dibuka oleh ketua LPPM Unissula, Dr Heru Sulistyo SE MSi. Dalam sambutannya ia mengapresiasi kegiatan ini karena akan menambah keterampilan dan keahlian dosen sehingga menciptakan atmosfir riset dan publikasi di Unissula

“LPPM Unissula sangat mendukung kegiatan seperti ini karena di Unissula saat ini untuk kegiatan penelitian dan publikasi sedang mengalami tren positif. Pasalnya pada tahun 2017 ada 30 paper yang terindeks scopus” Jelas Kepala LPPM

“Kami gembira dengan tren positif yang terjadi Unissula. Kami tidak melihat dari isi kuantitas namun lebih kepada bagaimana terciptanya atmosfir riset dan publikasi. Kami berharap kegiatan ini semakin menambah ketrampilan, keahlian dan minat dari para dosen Unissula” Pungkasnya.

Bertindak sebagai pemateri workshop adalah Prof Dr Ali Selamat dari Malaysia Japan Internasional institute of technology ( MJIIT) UniversitiT eknologi Malaysia (UTM).

Dalam kesempatan tersebut ia berbagi pengalamannya dalam menulis paper dan membagikan tips dan trik dalam membuat jurnal yang bias terpublikasi di jurnal bereputasi.

“Ada dua hal pokok yang perlu diperhatikan di dalam pembuatan Jurnal agar mudah terpublikasi di Jurnal bereputasi.Yang pertama, paper  tersebut harus memiliki kebaruan dan berkontribusi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi atau social kemasyarakatan. Hal ini dapat dinilai dari state of the arts yang diuraikan dan dari referensi- referensi yang  digunakan sehingga dapat menyakinkan  reviewer  bahwa paper tersebut mengandung nilai kebaruan” Jelasnya.

Lebih lanjut jelas Dekan MJIIT tersebut menjelaskan hal yang kedua yang penting diperhatikan adalah Penulis harus mampu menginterpretasikan data dengan benar dan mampu memaparkan hasil penelitian dengan benar.

Selain dua hal pokok tersebut penulis juga perlu memperhatikan hal pokok lainnya seperti Judulnya, literatur yang relevan, konsistensi kesimpulan dengan objek penelitian, penjelasan metodologi, Bahasa Inggris yang benar yang mampu menjelaskan dengan baik isi dari jurnal.(suarabaru.id/ch)