Bagikan
Memphis Depay/dok

AMSTERDAM – Setelah lama terpuruk, Belanda kini punya masa depan brilian. De Oranje sedang berada di awang-awang selepas memukul Jerman 3-0. Tim Oranye berjaya dalam lanjutan UEFA Nations League Liga 1 Grup A di Johan Cruyff ArenA, Minggu (14/10) dini hari WIB. Tiga gol pasukan tuan rumah dihasilkan Virgil van Dijk, Memphis Depay, dan Gini Wijnaldum.

Belanda layak bersuka cita selepas sukses memutus rekor buruk atas Jerman. Ini merupakan kemenangan pertama De Oranje atas musuh bebuyutannya itu dalam 16 tahun terakhir, dan untuk kali pertama dalam sejarah mereka mampu mencetak minimal tiga gol atau lebih ke gawang Die Mannschaft. Belanda saat ini banyak diperkuat pemain muda yang mempresentasikan rencana pelatih Ronald Koeman untuk meregenerasi tim. Pasukan Singa Oranye terpuruk dalam empat tahun terakhir lantaran gagal tampil di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Sekarang Koeman berani memanggil beberapa pemain muda debutan seperti Denzel Dumfries dan Steven Bergwijn. Bek muda Matthijs de Ligt bahkan diberi kepercayaan sebagai starter. “Ini memberikan kepercayaan diri tinggi untuk kami di masa depan. Kami sangat bangga, ada usaha luar biasa dan kami menunjukkan bisa tampil hebat,” ungkap Koeman. Menurut dia, negaranya punya masa depan cerah. Untuk itu eks pemain top ini tim nasional butuh dukungan para pemain, staf, dan seluruh warga Belanda.

Di kubu Jerman, pelatih Joachim Loew hanya bisa kecewa. Die Mannschaft memang dominan dengan melepaskan 21 tembakan, empat di antaranya tepat target. Sementara Belanda cuma punya 14 percobaan dengan lima mengarah ke gawang dan satu membentur mistar. Loew menyatakan kekalahan ini bukan semata karena penyelesaian akhir yang buruk. Gol pertama Belanda disebutnya memukul telak mental para pemain sehingga tampil tak percaya diri.

“Ini bukan soal menuntaskan peluang-peluang. Kami bermain oke sampai kebobolan. Kami juga tak memaksimalkan peluang-peluang yang ada,” jelas Loew. “Selepas kebobolan, Anda bisa melihat hasil-hasil belakangan ini menuntun kami ke kurangnya kepercayaan diri,” tambahnya. Der Panzer selanjutnya bakal dijamu juara dunia Prancis. Pada pertemuan pertama, kedua tim bermain imbang 0-0. (rr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here