Bagikan

BARCELONA – Menjelang El Clasico pertama musim ini, Barcelona dan Real Madrid sama-sama sedang dalam performa menurun. Barca dan El Real akan berhadapan pada lanjutan La Liga di Camp Nou, Minggu (28/10). Namun, sebelum turun dalam duel klasik itu keduanya lebih dulu akan menjalani dua partai lain. Barca ditunggu jadwal berat melawan Sevilla tepat setelah jeda internasional, lalu menghadapi Inter Milan di Liga Champions. Sementara Madrid bakal meladeni Levante dan Viktoria Plzen.

Dua tim raksasa Spanyol ini sedang tak tampil baik. La Blaugrana tanpa kemenangan pada empat laga terakhir liga (tiga imbang dan sekali tumbang). Pada periode yang sama, Los Blancos menang sekali, seri satu kali, dan dua kali kalah. Los Cules dan Los Merengues masih punya kesempatan untuk membangun momentum menuju El Clasico. Bagi Madrid, dua pertandingan sebelum duel kontra Barca terasa lebih krusial. Pasalnya, mereka ingin merebut kembali dukungan suporter dan menciptakan atmosfer yang lebih positif.

Sejauh ini Los Blancos menyaksikan tribune-tribune Santiago Bernabeu tak seramai musim lalu. Rata-rata penonton dalam delapan pekan berada pada kisaran 63.500 orang. Lebih rendah 2.000 penonton dibandingkan musim 2017-2018. Si Putih menjadi satu di antara enam tim yang mengalami penurunan jumlah penonton dibanding musim lalu. Sebaliknya, klub Catalan masih mendapatkan kepercayaan dari fans.

Rata-rata penonton Barca di Camp Nou dari empat pertandingan kandang sampai saat ini mencapai 69.830 orang. Jumlah ini naik 15,46 persen dari tahun lalu yang rata-ratanya di kisaran 59.037 penonton. Tim La Liga yang sejauh ini mengalami kenaikan jumlah penonton paling besar adalah Real Valladolid. Valladolid mengalami kenaikan 57,11 persen dari rata-rata 8.071 pada musim lalu jadi 18.816 pada musim 2018-2019.

Getafe paling banyak kehilangan penonton, turun 26,49 persen. Musim lalu rata-rata 12.643 penonton datang ke stadion, tapi musim ini hanya 9.995 penonton. Atletico Madrid menjadi tim top yang kehilangan suporter terbesar. Padahal, Los Colchoneros baru dua musim menempati stadion baru. Berada di posisi kedua paling banyak kehilangan penonton, Atleti musim ini disaksikan rata-rata 54.794 penonton berbanding 62.707 pada musim lalu. Mereka masih berpeluang meningkatkan animo penonton lantaran musim masih panjang. (rr)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here