Bagikan
Untuk ikut memeriahkan acara penarikan undian tabungan Tamades dan Sipajar, para karyawan dan karyawati PD BKK Eromoko, Kabupaten Wonogiri, tampil menyajikan paduan suara.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Sebagai lembaga keuangan mikro, Perusahaan Daerah (PD) Badan Kredit Kecamatan (BKK) Eromoko, Kabupaten Wonogiri, diharapkan mampu ikut memberikan peran dalam mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat. Demikian ditegaskan Bupati Wonogiri yang diwakili Wakil Bupati (Wabup) Edy Santosa, Jumat (12/10), ketika memberikan sambutan pada upacara pernarikan undian hadiah tabngun PD BKK Eromoko, yang digelar di Balai Desa Lebak, Kecamatan Pracimantoro (40 Kilometer arah barat daya Kota Wonogiri).

Acara pengundian hadiah tabungan, diawali dengan gerak jalan sehat massal yang diikuti sekitar 6 ribu peserta, menempuh jarak sekitar 2,5 KM, mengambil start dan finish di depan Balai Desa Lebak. Sartono, salah seorang panitia, menyatakan, gerak jalan sehat massal ini menyediakan hadiah utama berupa sebuah sepeda motor, dan ratusan hadiah menarik lainnya, seperti sepeda gunung, kulkas, kipas angin dan sejumlah barang elektronik lainnya. Peserta dihibur oleh musik campursari yang tampil dipanggung menyajikan aneka lagu-lagu yang disukai masyarakat.

Menurut Wabup Edy Santosa, peran PD BKK Eromoko dalam ikut mengembangkan perekonomian masyarakat, akan mendorong masyarakat kreatif dalam mengembangkan bisnis serta memberikan peluang usaha. Utamanya dalam mengembangkan potensi ekonomi di tingkat pedesaan, untuk kiat meningkatkan kesejahteraan hidupnya, dan sekaligus memberikan kontribusi positif dalam ikut serta ‘sesarengan mbangun’ Wonogiri.

Ikut memberikan sambutan dalam acara pengundian tabungan PD BKK Eromoko ini, Camat Pracimantoro, Warsito. Acara ini juga dihadiri Kapolsek AKP Dwi Krisyanto, Danramil yang diwakili Pelda Suef, Asisten Sekda Bambang Haryadi, Kabag Perekonomian Pemkab Wonogiri, Edhy Hadiyanto, para camat, Kades dan Lurah serta perangkat desa, kepala sekolah dan pimpinan perbankan. Pengundian hadiah tabungan, dipimpin oleh Notaris Noercholis disaksikan oleh pejabat terkait. Menyediakan hadiah utama berupa sebuah mobil Datsun, disusul hadiah pertama berupa dua buah sepeda motor, serta ratusan hadiah barang elektronik lainnnya.

Ketua Panitia Penarikan Undian Hadiah Tabungan PD BKK Eromoko, Anggoro Sih Hatmanto, menyatakan, PD BKK Eromoko telah melaksanakan fungsi intermediasi dengan baik. Yakni menghimpun tabungan dari masyarakat melalui pelayanan Tamades atau Tabungan Masyarakat Desa dan Simpanan Pengusaha dan Pelajar (Sipajar), dari mereka yang memiliki kelebihan dana. Kemudian menyalurkannya dalam bentuk kredit kepada masyarakat yang membutuhkan modal. Sampai dengan 30 September 2018, jumlah dana masyarakat yang terhimpun sebanyak Rp 146,641 miliar lebih, atau naik 7 persen dibandingkan dengan periode sama Tahun 2017. Jumlah kredit yang disalurkan Rp 130,034 miliar lebih, atau mengalami kenaikan 14 persen dari periode sama di Tahun 2017. ”Ini tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat terhadap PD BKK Eromoko,” tegasnya.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here