Bagikan
Para Komandan Peleton yang regunya meraih juara I, II dan III lomba PBB, menerima tropi kejuaraan dan hadiah uang pembinaan. Mereka foto bersama dengan tim juri dari Kodim 0728 Wonogiri.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) untuk penguatan pendidikan karakter bagi para siswa, digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wonogiri. Kepala Dikbud Wonogiri, Siswanto, dan Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas), Suwanto, Kamis (11/10), menyatakan, lomba digelar di halaman Gedung Olahraga (GOR) Giri Mandala Wonogiri, bekerjasama dengan Kodim 0728 Wonogiri.

Kasi Kurikulum dan Penjaminan Mutu Bidang Pendidikan Dasar Dikbud Wonogiri, Suratno, selaku Ketua Pelaksana Lomba PBB siswa, menyatakan, maksud dan tujuan dilaksanakan lomba PBB, untuk meningkatkan kedisiplinan, kesehatan jasmani dan rohani peserta didik yang bersekolah di jenjang pendidikan SD/MI dan SMP/MTs. Ini dilakukan dalam rangkaian program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Termasuk dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan sikap budi pekerti yang luhur, rasa cinta terhadap Tanah Air, serta mempertebal semangat persatuan dan kesatuan di kalangan peserta didik. Juga untuk sarana memelihara dan meningkatkan ketahanan sekolah, menanamkan sikap hormat kepada orang lain, mentaati tata tertib, berdisiplin, menumbuhkan jiwa patriotisme dan semangat bela negara serta cinta terhadap NKRI.

Pelaksanaan lomba digelar selama dua hari, masing-masing diikuti oleh 25 peleton SD/MI yang datang dari 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri, beserta 5 peleton SMP/MTs yang merupakan perwakilan dari masing-masing subrayon se Kabupaten Wonogiri. Aspek penilaian mencakup unsur disiplin, ketegasan bersikap, kerapian, urutan gerak PBB yang jenisnya ada 30 macam untuk jenjang SMP/MTs, dan sebanyak 27 macam untuk jenjang SD/MI.

Juara I, II dan III untuk tingkat SD/MI dimenangi oleh peleton Kecamatan Wonogiri Kota, Kecamatan Eromoko dan Kecamatan Sidoharjo. Kemudian peleton SMP/MI juara I, II dan III diraih oleh SMP Negeri 2 Jatiroto, SMP Negeri 1 Purwantoro dan SMP Negeri 2 Wonogiri. Masing-masing juara mendapatkan tropi dan uang pembinaan. Untuk uang pembinaan diberikan berjenjang, Juara I mendapatkan Rp 1,5 juta, Juara II Rp 750 ribu dan Juara III Rp 500 ribu.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here