Bagikan
Suasana peringatan HUT Ke 7 Artos Mall Magelang, (suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG– Artos Fashion Nation (AFN) 2018 akan  menjadi puncak peringatan Hari Ulang Tahun Ke 7 Artos Mall yang jatuh pada 7 Oktober 2018. Niwasana Kriya menjadi tema sekaligus upaya menjadikan tren gabungan antara busana (niwasana) dan kerajinan tangan (kriya).

Dalam menyajikan AFN 2018 Artos Mall tidak sendiri, melainkan menggandeng Perkumpulan Perancang dan Sanggar Busana Magelang (Purnama). Sudah tiga kali ini AFN diadakan dan tahun ini lebih spesial, karena berlangsung selama empat hari, 18-21 Oktober mendatang.

‘’Tahun ini kita helat empat hari, tambah satu hari dibanding tahun lalu. Kita akan terus tambah hari agar impian mengadakan fashion week dapat terwujud,’’ tutur Wakil Ketua Purnama, Tatok Prihasmanto, kemarin.

Dia menuturkan,  selama empat hari sebanyak 48 desainer mempersembahkan 384 outfit atau baju untuk diperagakan di atas catwalk. Pada gelaran kali ini akan dipentaskan pula karya desainer pemula dan desainer yang masih pelajar SMK.

‘’Untuk desainer pemula kita pentaskan di hari pertama. Hari kedua, desainer umum dan APPMI Jogja, hari ketiga desainer dari Purnama, dan hari terakhir desainer-desainer luar kota, termasuk perancang busana dari kalangan wanita,’’ ujar  Owner Crisantium itu.

Pengambilan tema Niwasana Kriya, lanjutnya, dimaksudkan untuk menjadikan tren baru di Magelang gabungan antara busana dan kriya. Terutama hasil kriya dari wilayah Magelang yang ternyata memiliki potensi cukup besar.

‘’Magelang punya kerajinan yang potensial, seperti perak, kayu, kulit, rajut dan lainnya. Untuk pertama ini kami akan gabungkan dengan busana. Kalau biasanya fashion show hanya busana saja, sekarang dilengkapi dengan kerajinan tangan asli Magelang,’’ paparnya.

Selama empat hari kegiatan setidaknya 32 pergawati dan peragawan yang terlibat. Mereka berasal dari lokal Magelang, Yogya, Solo, Semarang, hingga Jakarta dan Surabaya.

‘’Kami berharap gelaran AFN ini bisa menjadi barometer busana di Jawa Tengah. Bahkan, kami tetap ingin buat Magelang Fashion Week yang syaratnya minimal gelaran acara selama lima hari,’’ terangnya.

Public Relation Artos Mall, Amalia Mahdhiani menerangkan,  AFN memang menjadi salah satu mata acara yang senantiasa hadir di peringatan ulang tahun Artos Mall. Sejak tiga tahun lalu AFN aktif menampilkan karya-karya busana terbaik dari para perancang lokal dan luar Magelang.

‘’Kita akan lengkapi gelaran AFN ini dengan pameran UMKM anggota Dekranasda Kabupaten Magelang, lomba desain batik, dan kelas kecantikan. Kami bersama Purnama komitmen untuk terus mengangkat potensi busana dan kerajinan Magelang hingga makin dikenal luas,’’ ungkapnya. (Suarabaru.id/dh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here