Bagikan
Lionel Messi/dok

LONDON – Lionel Messi kembali tajam dan menjadi inspirasi Barcelona ketika mengatasi Tottenham Hotspur 4-2 pada laga kedua Liga Champions Grup B di Stadion Wembley, London, Kamis (4/10) dini hari WIB. La Pulga (Si Kutu) menemukan kegarangannya lagi selepas mandul dalam dua pertandingan. Messi menyumbang dua gol. Dua gol lain dilesakkan Philippe Coutinho dan Ivan Rakitic. Balasan Spurs diceploskan Harry Kane dan Erik Lamela. Sebelumnya, megabintang asal Argentina itu mejan di La Liga saat bersua Athletic Bilbao dan Leganes. Di Wembley, Si Kutu menemukan kembali sentuhan magisnya.

Pelatih Barca Ernesto Valverde menegaskan pentingnya faktor Messi. Sangat krusial membuat dia tampil rileks dalam setiap pertandingan. “Dia mencetak dua gol malam ini, dan dia bahagia. Kalau dia bahagia, itu bagus bagi kami,” tutur Valverde. Kemenangan ini mengokohkan posisi La Blaugrana di puncak klasemen dengan mengoleksi enam poin dan surplus enam gol. Sementara Spurs di peringkat ketiga setelah menelan dua kekalahan. Kendati berseri di Wembley, Los Cules masih punya lubang di barisan belakang khususnya pada jantung pertahanan. Kombinasi Gerard Pique dan Clement Lenglet belum solid. Paduan Pique dan Samuel Umtiti lebih oke sejauh ini.

Di kubu Spurs, manajer Mauricio Pochettino menyebut kesalahan kiper Hugo Lloris lebih mempengaruhi hasil daripada performa Messi. Lloris melakukan blunder yang berbuah gol pertama yang dihasilkan Coutinho. Pochettino tidak senang dengan situasi itu. Menurut pelatih berkebangsaan Argentina ini, gol cepat Coutinho memukul kepercayaan diri timnya.

“Kalau Anda menonton sepak bola dan memahaminya, Anda akan tahu betapa sulitnya keluar dari ruang ganti dan mengetahui Anda tertinggal 0-1 terlalu awal. Sangat sulit untuk tim merasa percaya diri. Ketika Anda bermain pada level ini, Anda tak bisa kebobolan dari peluang-peluang semacam ini,” tutur Pochettino. (rr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here