blank
HM Tamzil didampingi Bupati Pati, Haryanto saat memberikan sambutan dalam acara ''Salin Luwur Sunan Muria''.(Foto: dok)

KUDUS – Bupati Kudus HM Tamzil dan Wakil Bupati Kudus, HM Hartopo menghadiri acara ‘’Salin Luwur dan Haul’’ Kangjeng Sunan Muria yang berlangsung di desa wisata Colo (24/92018).

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Bupati Pati, Haryanto, Kepala Dinas Kominfo, Dandim 0722/Kudus, Kapolres Kudus, Habaib dan Ulama Kudus serta Kepala Desa Colo. Acara tersebut merupakan kegiatan rutin tiap tanggal 15 Muharram.

blank
HM Tamzil berdoa bersama di makam Sunan Muria disertai Wakil Bupati, HM Hartopo (paling kiri).(Foto dok)

Setelah berada di Makam Sunan Muria, HM Tamzil dan HM Hartopo mengikuti rangkaian acara sebelum ritual ‘’Salin Luwur’’, di antaranya pembacaan Surat Yasin oleh KH. Ulil Albab Arwani.

Setelah itu, KH Arifin Fanani memimpin tahlil dan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh KH Ulin Nuha Arwani. Sebagai tambahan informasi, para Perhimpunan Pemangku Makam Aulia (PPMA) se-Jawa turut diundang oleh panitia.

 Dalam sambutannya, HM Tamzil mengungkapkan syukur atas karunia Allah karena pada kesempatan Buka Luwur Sunan Muria merupakan hari-hari kerja pertama sebagai bupati dan dapat hadir bersama wakil bupati.

 “Alhamdulillah berkat karunia Allah saya dan Pak Hartopo dapat hadir di sini sekaligus menjadi hari kerja pertama kami dapat mengunjungi makan wali Allah,” ungkapnya.

 HM Tamzil juga memiliki keyakinan bahwa dengan spirit religius yang dimiliki warga Kudus, seperti halnya tradisi buka luwur dan tradisi lainnya yang dijunjung tinggi, maka masyarakat akan semakin sejahtera.

blank
Bupati Kudus baru, HM Tamzil ketika mengunjungi kompleks makam Sunan Muria.(Foto: dok)

“Saya yakin dengan spirit religius yang dimiliki warga Kudus, insya Allah akan semakin sejahtera karena dilandasi oleh tradisi-tradisi yang masih dipegang,” ungkapnya.

HM Tamziljuga  meminta doa dan dukungan kepada habaib dan ulama serta warga Kudus yang hadir agar dapat menjalankan amanah sebagai pemimpin Kudus, sehingga visi misinya dapat tercapai untuk membuat rakyat Kudus sejahtera.(SuaraBaru.id)