blank
KAKI BUATAN : Kapolres Blora AKBP Saptnono SIK, MH, memberi santuan dan bantuan kaki buatan (palsu) kepada korban laka saat lomba Safety Riding HUT Polantas Polres Blora ke-63, Sabtu (22/9). Foto : Wahono

BLORA – Jajaran Satlantas Polres Blora menggelar lomba Safety Riding (SR). Lomba yang dilangsungkan di alun-alun, Sabtu (22/9), diikuti peserta dari komunitas club motor, dan instasi pemerintahan yang ada di Kabupaten Blora.

Ketua Panitia Lomba. AKP Himawan Aji Angga, lomba digelar dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Polantas ke-63, peserta dan masyarakat yang ikut terlibat akan menjadi pelopor keselamatan tertib berlalu lintas.

“Tema lomba, Dengan Semangat Promoter, Polantas Mengimplementasikan Road Safety Menuju Zero Accident,” tandas AKP Himawan Aji Angga.

Tujuan lainnya, agar masyarakat sadar bahwa pentingnya pelopor keselamatan tertib berlalu lintas dijalan, tertib berlalu lintas dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, memakai helm yang baik dan berkendara tidak perlu kebut-kebutan,

Lomba dibuka Bupati Blora H. Djoko Nugroho, dan mengapresiasi kegiatan lomba safety riding tersebut, karena selain lomba juga bisa sekaligus belajar bagaimanan cara berkendara yang baik dan benar.

Bupati juga membeber, mesin kendaraan baik roda empat maupun roda dua adalah alat pembunuh paling ampuh di dunia, maka dia mengajak masyarakat mematuhi kententuan berkendara yang baik.

Santunan

Menairknya,  dalam kegiatan itu Kapolres Blora AKBP Saptono memberi santunan bagi para korban kecelakaan (laka) yang mengalami cacat fisik berupa kursi roda, kaki palsu, tongkat, dan uang tunai.

Santunan juga  diserahkan Bupati, Dandim 0721/Blora Letkol (Inf) Rizadly S. Themba, dan Danyon 410/Alugoro Letkol (Inf) Cristian Tarigan.

“Panitia juga menggelar stan kamanusiaan donor darah, ada puluhan orang yang ikut pertisipasi,” jelas AKP Himawan Aji Angga.

Khusus kriteria penilaian juri safety riding, setiap peserta berhak mematuhi beberapa ketentuan penilaian, diantaranya terkait penilaian postur, kendaraan bermotor, pakaian dan riding gear, serta penilaian cara berkendara.

Peserta didiskualifikasi jika menginjak pedal, karena tuas kopling tidak untuk mengganti presneling selama berlomba, dan berhak dihentikan oleh juri apabila peserta berkendara tidak stabil.

Hasil lomba safty riding, juara I beregu tim Trabas Blora, juara 2 tim FIF, dan juara 3 tim Polres Blora.

Untuk kategori perorangan, juara 1 Bripka Khoirul Budi anggota Polsek Blora, juara 2 Aiptu Antok Sukoco anggota Polsek Japah, dan juara 3 Prayogo Nugroho.(suarabaru.id/wahono)