blank
WADUK MULUR : Atlet dayung Blora latihan fisik dan tehnik di lokasi TC baru, Waduk Mulur, Sukoharjo, Sabtu (22/9). Foto : Wahono

BLORA – Atlet dayung Blora yang dipersiapkan untuk berlaga di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XV/2018, mulai digenjot fisik dengan turun ke Waduk Mulur, Sukoharjo.

Sebelumnya, para pedayung dari kabupaten penghasil kayu jati yang berambisi bisa mempertahankan diri sebagai juara umum Porprov itu, hanya latihan fisik di darat, dan lari keliling waduk.

“Mulai Jumat (21/9), anak-anak sudah turun di air, mereka latihan tehnik dan fisik,” jelas pelatih PODSI Blora, Sukiman, Sabtu (22/9).

Atlet dayung Blora berada di Waduk Mulur, untuk keperluan pemusatan latihan (TC) selama sekitar satu bulan, karena Waduk Tempuran Blora mengering dari dampak musim kemarau.

Menurut Sukiman, atlet yang masuk TC itu semua dipersiapkan untuk turun di Porprov XV yang akan digelar selama satu minggu di Solo, 19-25 Oktober 2018.

Sebelumnya, seluruh atlet dayung (PODSI) Blora, ofisial, tehnisi dan peralatan, Rabu (18/9), harus boyongan ke Sukoharjo untuk menjalani pemusatan latihan (TC) Porprov Jateng XV.

20 Nomor

Mereka terpaksa boyongan TC ke Waduk Mulur, lantaran basecamp (tempat latihan) di Waduk Tempuran, Blora, airnya sangat minim (mengalami kekeringan) dari dampak musim kemarau.

Kondisi air Waduk Tempuran, Blora, sangat minim. Waduk mengering, dan atletnya tidak bisa latihan maksimal. Masalah itu, sudah berjalan sebulan lebih, sehingga mengganggu latihan.

Agar latihan maksimal, tim dayung diboyong ke Waduk Mulur. Sebab,  selain sudah dapat izin untuk lokasi TC pedayung Blora, waduk itu juga untuk ajang lomba Porprov XV Oktober 2018.

Tim dayung Blora yang dipersiapkan di ajang olahraga empat tahunan terbesar di Jawa Tengah (Porprov) 2018 itu, terdiri enam atlet purti (pi), dan 11 atlet putra (pa), didampingi empat orang terdiri ofisial, pelatih dan tehnisi.

Sebannyak 17 atlet itu, akan turun di 20 nomor dalam kelas Kayak, Kano, Rowing, dan Parahu Naga untuk perorangan, doble, dan tim (beregu) Porprov XV/2018.

Perlu diketahui, di ajang Porprov XIV Banyumas, tim dayung Blora keluar sebagai juara umum dengan membawa pulang tujuh medali emas, jadi menggelar TC di Waduk Mulur sebagai upaya mempertahankan juaara umum Porprov XV.(suarabaru.id/wahono)