blank
Atlet renang Kota Magelang, Gravita Ciquita Dewi (tengah) bersama Kepala SMP Negeri 1 Nurwiyono dan Humas Komite SMP Negeri 1, Rahayu Sri Hastuti, (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG – Atlet renang Kota Magelang, Gravita Ciquita Dewi, siap memberikan prestasi terbaik bagi kotanya pada  Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV Jateng di Solo, 18-25 Oktober 2018. Targetnya meraih medali emas pada nomor yang diikutinya.

Gravita mengatakan, dirinya siap turun di empat nomor pertandingan. Yaitu 50 m gaya dada, 100 m gaya dada, 200 m gaya dada, dan 200 m gaya ganti. Dia sudah mempersiapkan diri sejak jauh hari dengan berlatih keras.

‘’Setiap pagi latihan selama satu jam dan sore selama lima jam. Ditambah latihan fisik dengan lari dan fitness, termasuk menjaga asupan konsumsi,’’ katanya kemarin di sekolahnya SMP Negeri 1 Magelang.

Gadis kelahiran Magelang, 12 Oktober 2004 ini menuturkan, Porprov Jateng menjadi ajang pembuktiannya untuk meraih prestasi terbaik. Untuk itu, dia terus mendapat suntikan motivasi dari anggota keluarga dan para pelatih.

Putri pasangan Tri Rohmadi dan Rismawati ini sudah memiliki bekal berupa prestasi membanggakan saat mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Jawa Tengah tahun 2018 di Solo. Pada event ini, Gravita berhasil membawa pulang medali emas di nomor 100 m gaya dada.

Tidak hanya emas, wanita berhijab ini juga menggondol medali perak di nomor 50 m gaya dada dan medali perunggu di nomor 200 m gaya ganti. Raihan prestasi ini dinilainya sangat penting untuk modal bertanding di Porprov Jateng 2018 nanti.

‘’Senang sekali saya bisa meraih medali, karena jadi motivasi saya untuk meraih medali emas di Porprov nanti. Persiapan saya harus lebih matang lagi agar mampu mencapai target,’’ ungkapnya.

Gravita tercatat sebagai siswi kelas 8 SMP Negeri 1 Magelang. Pelajar berusia 14 tahun menjadi atlet andalan Kota Sejuta Bunga di cabang olahraga (cabor) renang.

Dia menceritakan, sejak kecil sudah dekat dengan dunia air dan kolam renang. Bahkan, saat kelas 1 SD sudah mengikuti berbagai lomba renang. Sejak saat itu sudah mengoleksi banyak piala dan medali di kompetisi renang.

‘’Saya juga pernah ikut lomba renang tingkat internasional di Malaysia saat kelas 4 SD. Ketika itu tidak menang, tapi masuk 10 besar. Rasanya senang sekali bisa 10 besar, karena lawannya banyak dari luar negeri. Itu yang memotivasi saya untuk terus berprestasi,’’ tuturnya.

Kepala SMP Negeri 1 Magelang, Nurwiyono menuturkan, sekolah sangat mendukung langkah Gravita Ciquita yang akan turun di Porprov Jateng 2018. Dirinya juga memotivasinya agar tampil maksimal dan membanggakan orang tua serta daerah.

‘’Kami selalu mendukung anak-anak dalam bidang olahraga untuk berprestasi. Kami beri kelonggaran agar mereka dapat fokus,  serta menyiapkan guru untuk mengejar ketinggalan pelajarannya,’’ terangnya. (Suarabaru.id/dh)