blank
Pengelola Taman Kyai Langgeng sedang membangun pagar keliling untuk keamanan obyek wisata tersebut, (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG- Tahun ini Taman Kyai Langgeng, Kota Magelang, menambah wahana baru, yaitu taman tematik. Taman itu akan dihiasi dua bunga pilihan, yakni krisan (seruni/chrysanthemum) dan kastuba (poinsettia).

‘’Target tahun ini sudah bisa terealisasi. Sekarang sedang melakukan penataan tempatnya,’’ kata Direktur Perusahaan Daerah Objek Wisata (PDOW) Taman Kyai Langgeng, Edy Susanto Purnomo, kemarin.

Dia menerangkan, dua bunga tersebut dipilih lantaran pemeliharaannya mudah. Selain itu, keduanya juga mudah menyesuaikan di iklim yang berbeda. ‘’Dua bunga ini juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi,’’ terangnya.

Pembuatan taman tematik ini, lanjut Edy, juga melibatkan warga  Kota Magelang, khususnya para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) tanaman hias.

‘’Mereka kita ajak kerjasama untuk pengadaan bunga. Sedang pemeliharaan bunga sudah ada petugas sendiri yang kita latih dengan mendatangkan tenaga ahli dari luar,’’ jelasnya.

Nantinya bunga untuk taman tematik juga dibudidayakan. Disediakan lahan sebagai lokasi penyemaian.

‘’Bunga hasil penyemaian ini nantinya bisa diperjualbelikan. Para pengunjung bisa membawa pulang oleh-oleh berupa bunga ketika berwisata ke sini,’’ tutur Edi.

Saat ini, Taman Kyai Langgeng sedang melakukan sejumlah tahapan persiapan pembuatan taman tematik tersebut. Salah satunya pembangunan pagar pengaman di sisi utara. ‘’Pagar kita bangun dari beton setinggi 3,2 meter dan panjang 800 meter,’’ paparnya.

Edy mengatakan, pembangunan pagar itu untuk keamanan tempat wisata tersebut. Tidak ada lagi celah bagi orang luar bisa masuk ke areal Taman Kyai Langgeng selain pintu utama.

‘’Nanti kita juga berencana membuat satu pintu untuk akses ke luar masuk pengunjung maupun staf,’’ paparnya. (Suarabaru.id/dh)