blank
Xherdan Shaqiri/dok

LIVERPOOL – Meski belum menjadi starter, Xherdan Shaqiri tetap menantikan kesempatan diturunkan Liverpool sejak menit pertama. The Reds akan menghadapi tuan rumah Tottenham Hotspur pada big match Liga Primer Inggris di Stadion Wembley, London, Sabtu (15/9). “Dalam beberapa pekan ke depan kami punya banyak pertandingan yang sulit. Kami akan mencoba menjaga performa bagus kami,” ujar Shaqiri. Dia menilai timnya sangat berkualitas. Ada persaingan ketat untuk menjadi 11 pemain inti. ”Yang pasti, kompetisi di dalam sepak bola bagus untuk para pemain. Saya pun siap bersaing,” tegas mantan winger Stoke City ini.

Kendati berposisi asli sebagai sayap, Shaqiri mengaku siap berperan selaku winger atau second striker. Saat ini manajer Juergen Klopp mengandalkan trio Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah untuk mengisi lini depan Si Merah. ”Saya percaya diri bakal punya peran, karena banyak partai sulit menunggu kami,” tegasnya.

Liverpool memang menghadapi September yang menantang. Selepas menyambangi markas Spurs, pada tengah pekan depan, The Reds menjamu Paris Saint-Germain pada laga pertama fase grup Liga Champions, lalu bersua Southampton. Setelah itu Jordan Henderson dan kawan-kawan meladeni Chelsea dua kali di Piala Liga dan Premier League. Jadwal neraka Liverpool berlanjut hingga awal Oktober. Pada pekan pertama, Si Merah mesti melawat ke Napoli dalam lanjutan Liga Champions, kemudian menantang juara bertahan Premiership Manchester City.

Jadwal berat itu membuat rotasi pemain jadi penting. Hingga pekan keempat The Reds mantap di puncak klasemen dengan mengemas 12 poin. Kalau Shaqiri belum merasakan starter, gelandang baru Fabinho malah belum membuat debut di Premier League. Peluang Fabinho terbuka saat diuji Tottenham. (rr)