blank
Hari Nur Yulianto (kiri/dok)

MEDAN – Jafi Sastra merasa percaya diri jelang laga debut menukangi PSIS sebagai head coach melawan tuan rumah PSMS Medan di Stadion Teladan, Rabu (12/9) pukul 15.30 WIB. Dalam sepekan ini dia harus menerima kabar tak menggembirakan seperti hengkangnya penyerang asal Lebanon, Abou Bakr Al Mel yang akrab disapa Bako, karena masalah keluarga. Ditambah badai cedera yang menimpa lima pemainnya, Akbar Riansyah, Safrudin Tahar, Frendi Saputra (bek sayap), Hafit Ibrahim (gelandang), dan Sendri Johansah (kiper).

”Kondisi kehilangan beberapa pemain lantaran cedera pada laga pekan ke-21 Liga 1 tidak masalah. Kami sudah menyiapkan pemain yang siap turun di semua posisi. Terkait hengkangnya Bako, kami juga sudah siapkan dengan memaksimalkan penyerang lokal. Toh masih ada striker asal Brasil, Bruno Silva,” ungkap Jafri, kemarin. Bruno mencetak tiga gol ke gawang PSMS dalam kemenangan timnya dengan skor 4-1 dalam pertemuan pertama pada pekan ke-4 di Stadion dr H Moch Soebroto, 15 April lalu.

Sementara striker lokal andalan Jafri ada di pundak Hari Nur Yulianto yang sudah mengemas enam gol. ”Selama 14 pertandingan tersisa ini kami akan maksimalkan jumlah pemain yang ada, termasuk hanya tiga pemain asing,” tutur Jafri. Saat ini Haudi Abdillah dan kolega memiliki peringkat lebih bagus dari Ayam Kinantan, yakni di peringkat ke-17 dengan koleksi 20 poin. Adapun PSMS berada di peringkat ke-18 alias posisi juru kunci dengan mengumpulkan 19 poin dari 20 partai.

Soal masalah di bek sayap, Jafri lega karena Gilang Ginarsa sudah bisa bermain. Untuk sektor kiri kemungkinan diisi Gustur Cahyo, Rio Saputro, atau Fauzan Fajri. ”Kami menyadari PSIS dan PSMS butuh tambahan poin. Yang pasti di kubu kami, mental pemain sudah siap. Tidak ada kendala fisik meski kami harus menempuh perjalanan udara 3-4 jam,” paparnya.

Di kubu PSMS, pelatih Peter Butler menilai anak-anak asuhannya dalam kondisi prima setelah meraih satu poin di kandang Persija Jakarta pada pekan ke-20 dan melakukan libur latihan selama sepekan. ”Pemain kami masih dalam semangat yang tinggi setelah libur dan berharap bisa semakin menunjukkan tren yang baik. Persiapan kami sebelum lawan PSIS ada uji coba lawan tim lokal dan hasilnya bagus mulai dari pemahaman taktik, improvisasi hingga kolektivitas tim,” kata Butler. Dia juga meyakini striker asingnya, Felipe Martins, akan mampu menunjukkan kemampuan maksimal dengan mencetak gol. Dalam dua laga terakhir, pemain asal Brasil ini absen. (rr)