blank
GOL TUNGGAL: Striker Portugal Andre Silva (kanan) melepaskan tembakan yang berbuah gol tunggal buat timnya. (dok)

LISABON – Portugal memanfaatkan kecepatan untuk menundukkan Italia 1-0 pada laga UEFA Nations League Liga A Grup 3 di Estadio da Luz, Lisabon, Selasa (11/9) dini hari WIB. Gol tunggal Seleccao dilesakkan striker Andre Silva. Hasil positif ini sangat penting, karena pasukan tuan rumah tak diperkuat megabintangnya, Cristiano Ronaldo. CR7 memilih absen demi berkonsentrasi di Juventus. Pelatih Portugal Fernando Santos menyatakan pertandingan berjalan seperti yang diharapkan. Sang tactician mengungkapkan kecepatan Pepe dan kawan-kawan menjadi kunci sukses.

“Kualitas kami dan Italia setara. Ketika kami menaikkan tempo, itu menciptakan masalah bagi mereka,” ujar Santos. Dia menambahkan timnya memang sengaja menurunkan tempo dalam 10 menit terakhir. Karena itu, Gli Azzurri bisa menemukan kembali permainan mereka.

Italia, yang pada partai pertama ditahan Polandia 1-1, sebenarnya tampil bagus. Kekurangan Squadra Azzurra cuma kurang mencetak gol. Juara dunia empat kali ini hanya punya dua tembakan ke gawang. “Pada akhirnya, keharusan mencetak gol merupakan hal sederhana yang paling mudah dipahami,” kata penyerang Simone Zaza. “Ketika tak mencetak gol, tak mungkin Anda bisa menang atau sekadar meraih hasil imbang,” tegasnya.

Sementara Roberto Mancini, pelatih Italia, sekali lagi menyoroti masih banyaknya kesalahan yang dilakukan skuadnya. Kendati begitu, dia memuji semangat anak-anak asuhannya. “Kami harus membiarkan para pemain muda ini tumbuh. Tak ada yang bisa dilakukan saat seorang pemain masih muda dan baru mulai di level ini,” jelas Mancini. (rr)