blank
Alvaro Morata/dok

LONDON – Striker Chelsea Alvaro Morata bangkit dari keterpurukan, dan kembali dipanggil masuk tim nasional (timnas) Spanyol untuk menghadapi UEFA Nations League 2018. Sebelumnya, dia tercoret dari skuad La Furia Roja pada Piala Dunia 2018. “Tahun lalu, semuanya adalah bencana. Saya masuk lapangan, dan sama sekali tidak tahu saya sedang berada di mana,” ungkap Morata. “Saya hancur. Itu menjadi momen rumit, dan menyesakkan,” imbuhnya.

Pada musim perdananya bersama The Blues, Morata hanya tampil 24 kali sebagai starter di Liga Primer Inggris. Dia menyumbang 11 gol dan gagal membawa Si Biru finis empat besar. Kini, peruntungan Morata mulai membaik. Di bawah manajer baru Maurizio Sarri, pelan-pelan dia menemukan ketajamannya lagi.

Yang lebih membanggakan, mantan penyerang Real Madrid dan Juventus ini dipanggil masuk skuad Spanyol yang sekarang dilatih Luis Enrique. Morata juga mengaku telah memperbarui energi dan motivasinya. “Saya tersanjung, bahkan datang ke latihan satu setengah jam lebih cepat. Untuk bisa dipanggil tim nasional, Anda harus tampil sempurna pada tiap laga,” tegasnya.

Di UEFA Nations League, La Furia Roja akan menghadapi Inggris dan Kroasia. Negara yang disebut terakhir itu merupakan finalis Piala Dunia Rusia. (rr)